10 Tips Efektif Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, berat badan wanita biasanya akan bertambah lebih drastis dari biasanya. Hal ini sebenarnya wajar, dan sering kali terjadi pada banyak perempuan. Terutama bagi perempuan yang proses melahirkannya secara caesar. Namun, anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kenaikan berat badan tersebut. Jangan terlalu di pikirkan, sebaiknya fokus dulu dalam merawat bayi anda. karena tentunya setelah melahirkan anda punya kewajiban memberikan ASI eklusif pada buah hati anda.

Dan baru kemudian setelah beberapa bulan pasca melahirkan, anda bisa memulai program diet untuk mengembalikan bentuk langsing  tubuh anda seperti saat sebelum kehamilan.

1. Membuat program diet yang realistis

Sebelum diet, ada baiknya anda membuat program diet telebih dahulu. Program diet haruslah realistis karena tidak mungkin untuk menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang cepat. Untuk memotivasi anda selama diet, tempellah foto anda saat sebelum hamil di tempat-tempat yang mudah dilihat seperti di pintu kulkas, pintu lemari pakaian dan tempat-tempat lain yang sering anda lihat.

2. Konsultasi dengan pakar diet

Untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, anda bisa minta petunjuk dokter atau pakar diet, supaya program diet anda bisa efektif dan aman. Dokter ataupun pakar diet akan membantu anda dalam menyusun program diet yang sesuai untuk anda, mulai dari menentukan jumlah berat badan yang ingin anda capai, menu diet yang tepat serta waktu olahraga yang sesuai untuk anda mulai.

Konsultasi dengan dokter atau pakar diet akan membantu anda menemukan metode diet apa yang cocok untuk anda jalankan. Apakah diet dengan rendah kalori, diet rendah gula dan karbo, diet golongan darah atau diet yang lainnya.

3. Menyusui buah hati

Ternyata, menyusui dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan secara bertahap, setidaknya dengan waktu selama 6 bulan setelah anda melahirkan. Ketika anda menyusui, ternyata kalori yang bisa anda bakar adalah sebesar 200 sampai 500 kalori perhari. Jumlah kalori ini setara dengan aktivitas seperti berenang atau bersepeda selama satu jam.

Mengapa bisa demikian? Karena ketika anda menyusui, sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh anda. Nah, hormon inilah  yang akan membantu rahim supaya bisa mengembalikan berat badan dan bentuk tubuh anda seperti sebelum anda hamil.

4. Menggunakan pengikat perut

Gunakanlah pengikat perut yang terbuat dari kain elastis untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, bagi anda yang proses melahirkannya secara caesar, anda harus menunggu waktu selama 2 bulan untuk bisa menggunakan pengikat perut. Karena anda harus menunggu jaringan bekas operasi sembuh terlebih dahulu.

5. Menggunakan abdominal belt

Menggunakan abdominal belt biasanya akan menyakitkan dan mengganggu aktivitas anda. Untuk itu, anda tidak perlu setiap saat menggunakan abdominal belt. Gunakanlah abdominal belt  di saat anda sedang tidak sibuk. Saat anda makan, tidur dan pergi ke toilet, anda bisa melepaskan abdominal belt.

6. Perbanyak minum air putih

Dengan banyak minum air putih akan membantu anda untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh karena fungsi air adalah untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh anda.

7. Pijat lemak

Pijat lemak ini dapat anda jadikan pilihan jika anda belum kuat untuk berolahraga, terutama bagi anda yang sehabis operasi caesar. Pijat lemak membantu menguatkan otot-otot dan menurunkan berat badan anda.

8. Mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur termasuk salah satu menu untuk diet anda. Sayur dan buah memang efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Namun, anda juga masih bisa mengkonsumsi daging. Sayur yang baik untuk diet yaitu sayur-sayuran yang cara pengolahannya direbus, dikukus dan ditumis dengan menggunakan minyak zaitun.

9. Terapi akupuntur

Terapi akupuntur merupakan cara alami untuk mendapatkan tubuh yang langsing setelah melahirkan. Terapi akupuntur dapat anda lakukan di klinik-klinik kecantikan yang terpercaya.

10. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga ringan yang dapat anda lakukan di rumah. Jadi, anda tidak perlu meninggalkan buah hati anda saat melakukan yoga. Olahraga yoga membantu untuk meratakan perut anda pasca melahirkan. Selain itu, yoga juga membantu menenangkan pikiran anda dan membuat anda lebih bersemangat.

Itulah 10 tips efektif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan setelah melahirkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *