5 Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Ajaran Al-Quran

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang baik dan berbakti pada orang tua. Dan untuk umat muslim, alangkah baiknya jika anda mendidik buah hati anda sesuai tuntunan atau ajaran Al-Quran. Lantas bagaimana cara mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Al-Quran itu? Nah berikut ulasan lengkapnya.

1. Ajarkan Aqidah dan Tauhid

Mengajarkan aqidah dan tauhid kepada anak sangatlah penting dilakukan setiap orangtua karena anak adalah titipan dari sang maha kuasa yang sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh ALLAH SWT. Dalam Al-Quran, ajaran aqidah dan tauhid sudah dicantumkan untuk membentuk pribadi seseorang untuk lebih baik dan patuh kepada perintah Sang Maha Kuasa. Melatih anak membaca doa sebelum dan sesuah melakukan sesuatu merupakan salah satu contoh menerapkan aqidah dan tauhid pada anak. Buah hati menjadi terbiasa sedikit-demi sedikit membaca doa yang mereka hafal.

2. Mengajarkan Tentang Ibadah Sesuai Perintah di dalam Al-Quran

Pengenalan kepada ibadah perlu dilakukan untuk mendorong buah hati ke jalan yang benar sesuai perintah ALLAH SWT. Wajib hukumnya bagi orangtua untuk mengajarkan tentang ibadah kepada anak sesuai aturan yang ditulis di Al-Quran.

Cara membiasakan anak untuk beribadah dapat dilakukan dengan melatih hal sederhana terlebih daluhu, dimulai dari pengenalan arah lalu arah kiblat, cara berwudhlu yang benar beserta doanya, dan tahap yang terakhir mengajarinya cara sholat beserta doanya. Perlu ditekankan, jangan pernah melakukan paksaan kepada anak yang akan berlatih sholat. Jika orangtua memaksa, pembelajaran sholat tidak akan berjalan dengan lancar, yang ada anak menjadi tidak ikhlas, bosan, dan malas.

3. Membaca Al-Quran Setiap Hari

Orangtua harus mengajarkan arti penting dari kitab suci Al-Quran itu sendiri, setelah itu pemberian bekal bagaimana cara membaca serta aturan dalam membaca seperti tajwid dan panjang pendeknya suatu kalimat. Sebelumnya coba anda menceritakan tauladan yang ada di dalam Al-Quran agar anak semakin ingin memperlajari dan membaca Al-Quran. Dengan rangsangan seperti itu, buah hati anda akan gemar dan semangat jika akan membaca ayat suci Al-Quran. Jika si buah hati sudah pandai membaca, anjurkan untuk membaca setiap hari walaupun hanya satu lembar saja, karena di dalam Al-Quran disarankan untuk membaca kitab suci setiap hari.

4. Mendidik Akhlak Mulia

Cara ini dapat meningkatkan sifat tangguh dan berakhlak mulia pada segala hal. Mendidik anak dapat dimulai dari rumah, karena rumah merupakan tempat pertama mereka mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan dirinya. Usahakan anda menjadi contoh yang baik untuk anak anda.

Anak adalah seseorang yang suka meniru orang yang lebih dewasa dari dirinya. Oleh karenanya perlunya menjaga sikap dan sifat guna mendidik akhlak mulia sesuai ajaran di dalam Al-Quran. Perlu diketahui anak merupakan kertas putih yang perlu diisi oleh hal yang bermanfaat dan benar.

5. Mengajarkan Cinta Lingkungan

Di dalam Al-Quran, cinta terhadap lingkungan sangat diwajibkan. ALLAH SWT menciptakan alam semesta untuk dilindungi dan dijaga oleh manusia. Selain itu, melatih anak anda untuk mencintai lingkungan dapat meningkatkan rasa bersyukur kepada ALLAH SWT dan membuatnya mengerti bahwa ALLAH SWT tidak hanya menciptakan manusia melainkan hewan dan tumbuhan untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan menciptakan generasi yang cinta lingkungan, maka akan terbentuk pribadi-pribadi yang pandai bersyukur dan tidak menjadi generasi perusak bumi.

Nah, diatas adalah beberapa tips atau cara mendidik buah hati anda sesuai dengan ajaran Al Quran. selamat mencoba dan semoga buah hati anda bisa menjadi anak yang soleh, cerdas, dan berbakti pada orang tua, agama dan negaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *