5 Tanda Bahwa Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Bagi anda yang sedang mengalami masa-masa akhir kehamilan tentunya sangat menunggu proses kelahiran yang akan datang beberapa saat lagi. Sebagai calon ibu, tentunya anda akan mempersiapkan diri untuk menghadapi proses kelahiran tersebut.

Namun untuk menghadapi proses kelahiran tersebut tentunya anda harus memperhatikan tanda-tanda melahirkan yang mungkin terlihat pada fisik maupun secara emosional. Biasanya tanda-tanda ini adalah normal dan akan mulai terjadi seminggu bahkan kurang dari sebelum masa persalinan. Nah untuk mengetahui dengan jelas, dibawah ini akan kami bagikan secara rinci mengenai tanda-tanda melahirkan yang biasanya sering terjadi.

1. Merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh

Biasanya beberapa waktu sebelum anda menuju proses persalinan, anda akan mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh seperti punggung, perut, bahkan kram seperti pada saat pra menstruasi. Nyeri yang berlebih pada panggul dan bagian tulang belakang anda biasanya disebabkan oleh pergerakan janin di dalam kandungan yang muali menekan tulang belakang anda.

Pada masa-masa kehamilan terakhir biasanya perut anda akan semakin mengeras dan tentunya membuat anda tidak merasa nyaman untuk tidur ataupun duduk. Perut yang mengeras ini menandakan bahwa janin didalam kandungan mulai bergerak menuju arah mulut rahim anda. Perlu anda perhatikan juga bahwa perut yang mulai terasa keras dapat menjadi tanda awal kontraksi bayi sehingga harus segera dilakukan proses persiapan kelahiran.

2. Frekuensi buang air kecil meningkat

 Beberapa waktu sebelum kelahiran biasanya anda akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan bayi akan turun ke tulang panggul anda sehingga membuat rahim sering menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil anda akan meningkat dari sebelumnya.

3. Nyeri pada organ kewanitaan

Biasanya di ussi kehamilan yang sudah tua, muluh rahim akan terbuka lebar dengan sendirinya. Otot-otot pada leher rahim akan mengalami penekanan sehingga mengakibatkan kepala janin akan mulai turun. Sehingga hal tersebut tentunya akan mengakibatkan rasa nyeri pada organ kewanitaan anda. Bila hal tersebut terjadi secara terus menerus maka dapat menjadi tanda dari kontraksi sehingga perlu segera dilakukan persiapan untuk proses persalinan.

Selain itu terkadang aka nada lendir kental yang bercampur darah dari vagina. Selama masa kehamilan, mulut rahim anda akan ditutupi oleh lendir yang kental namun saat mendekati proses kelahiran maka mulut rahim akan terbuka lebar sebagai jalan kelur sang janin sehingga menyebabkan lendir tersebut keluar melalui vagina. Biasanya akan terjadi peningkatan keluarnya lendir dari vagina secara terus menerus menjelang beberapa hari sebelum proses kelahiran tiba.

4. Kontraksi palsu

 Kontraksi ini biasanya disebut dengan Braxton Hicks. Kontraksi palsu ini hanya berlangsung sekitar 30 – 120 detik saja. Berbeda dengan kontraksi sebenarnya, kontraksi Baxtron biasanya dapat menghilang ketika anda berpindah posisi ataupun merasa rileks.

Biasanya jenis kontraksi ini terjadi di sekitar perut atau panggul. Berbeda dengan kontraksi asli yang terjadi di bagian bawah punggung dan kemudian berpindah ke bagian depan perut.  Kontraksi ini akan anda rasakan sebelum anda mengalami kontraksi yang sebenarnya.

5. Pecahnya air ketuban

 Hal ini menjadi tanda-tanda akan melahirkan yang paling sering dialami oleh wanita-wanita hamil. Desakan pada saat kontraksi dan tekanan kepala janin pada mulut rahim anda menyebabkan terjadinya pecah ketuban. Pada saat air ketuban pecah, anda akan merasakan seperti semburan air ataupun hanya sekedar rembesan saja. Air ketuban yang pecah biasanya tidak akan mengakibatkan rasa ataupun nyeri karena membran tersebut tidak memiliki syaraf.

Pecahnya air ketuban dapat menjadi pertanda proses kelahiran yang sudah tiba dan dapat membantu proses kelahiran agar lebih cepat. Air ketuban yang sudah pecah akan membuat kepala janin anda berusaha keras menekan mulut rahim untuk membuka dan merangsang pelepasan prostaglanding yang dapat memicu kontraksi anda.

Nah itu tadi di atas beberapa hal yang merupakan tanda-tanda melahirkan yang terjadi pada setiap ibu hamil.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *