5 Tips Menjadi Suami yang Selalu Siap Siaga Menjelang Persalinan

Hal yang sangat membahagiakan untuk pasangan suami istri adalah saat sang istri sudah mengandung buah hati dan akan melahirkan sang buah hati. Sebagai seorang suami, sangatlah penting untuk mendampingi istri anda selama masa kehamilannya sampai menjelang istri melahirkan. Untuk itu, sebagai calon ayah dari buah hati yang akan dilahirkan oleh istri anda, penting bagi anda untuk menjadi suami yang selalu siap siaga. Seperti menyiapkan dana untuk melahirkan, waktu untuk mendampingi istri melahirkan dan sebagainya.

1. Berikan kasih sayang dan perhatian

Kasih sayang dan perhatian sekecil apapun dari seorang suami sangatlah penting untuk istri yang sedang mengandung sang buah hati. Sebagai seorang suami, contoh perhatian dan kasih sayang yang bisa anda tunjukkan kepada istri adalah dengan mengelus perut istri anda dan mengucapkan kata-kata lembut yang penuh dengan rasa kasih sayang.

Perhatian dan kasih sayang lainnya yang bisa anda berikan yaitu dengan memanjakan istri anda selama masa kehamilan, seperti membuatkan segelas susu yang khusus diminum untuk ibu hamil. Kasih sayang dan perhatian yang anda berikan akan berpengaruh besar untuk mental istri anda ketika nantinya melahirkan.

2. Mengetahui pertanda kelahiran

Sebagai seorang suami harus tahu apa saja ciri-ciri atau tanda-tanda seorang istri yang akan melahirkan sang buah hati. Beberapa tanda-tanda seorang istri akan melahirkan yang harus suami ketahui yaitu seperti pecahnya air ketuban, nyeri di bagian selangkangan, keluarnya lendir yang disertai dengan keluarnya darah dan ingin buang air besar.

Biasanya, kalau usia kandungan sudah sembilan bulan dan dekat dengan hari perkiraan kelahiran dan istri anda ingin buang air besar, artinya istri anda akan segera melahirkan. Karena orang yang akan melahirkan rasanya seperti mereka ingin buang air besar.

3. Mempersiapkan persalinan

Sebelum usia kandungan istri anda mendekati kelahiran, sebaiknya diskusikan dengan istri mengenai proses persalinan apakah ingin di rumah sendiri atau di rumah sakit dan ingin melahirkan secara normal atau caesar.  

Tidak dapat dimungkiri kalau semua ibu hamil pasti menginginkan persalinan yang normal. Namun apa boleh buat jika kondisi kesehatan ibu dan janin mengharuskan proses persalinan caesar. Sehingga keputusan untuk melahirkan secara normal atau caesar harus dipersiapkan dari jauh-jauh sehari sebelum istri anda melahirkan demi keselamatan istri dan calon buah hati anda.

4. Selalu siap siaga dan hindari keterlambatan pertolongan medis

Peran seorang suami yang sangat penting saat istri ingin melahirkan adalah selalu siap siaga dan menghindari keterlambatan dalam pertolongan medis. Oleh karena itu, jika istri anda sudah mengeluarkan tanda-tanda ingin melahirkan, segeralah panggil dokter atau langsung pergi ke rumah sakit. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai seorang suami, bila perlu anda menyiapkan donor darah untuk istri anda.

5. Mendampingi istri saat melahirkan

Saat istri anda sedang proses melahirkan normal, anda harus mendampinginya untuk memberikan motivasi dan kekuatan yang lebih besar untuk istri anda yang akan melahirkan. Saat anda mendampingi istri anda, anda akan melihat langsung bagaimana perjuangan istri anda saat melahirkan buah hati.

Istri yang didampingi suaminya saat melahirkan akan membantu lancarnya proses kelahiran dan juga istri anda akan merasa lebih termotivasi dan  terlindungi karena anda selalu mendampinginya sampai istri anda melahirkan sang buah hati.

Nah, itulah 5 tips untuk menjadi seorang suami yang selalu siap siaga saat menjelang istri melahirkan sang buah hati. Selalu berikan perhatian dan kasih sayang yang lebih pada istri anda di masa kehamilan sampai menjelang melahirkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *