6 Jenis Makanan Terbaik untuk Memenuhi Asupan Gizi Ibu Hamil 9 Bulan

Masa kehamilan adalah masa yang harus mendapatkan perhatian khusus bagi sepasang suami istri. Terlebih saat usia kandungan anda sudah memasuki 9 bulan. Anda sangat dianjurkan ntuk memperhatikan asupan nutisi dan gizi pada setiap makanan yang dikonsumsi. Karena, saat kandungan anda sudah memasuki trimiser ketiga atau usia kandungan 9 bulan, anda akan merasa lebih berat dan terkadang banyak keluhan, kecemasan bahkan ketidaknyamanan.

Lantas, jenis makanan apa yang sangat di anjurkan di konsumsi bumil atau ibu hamil saat usia 9 bulan tersebut.? Berikut ulasannya

1. Sayur-sayuran

Sebaiknya, konsumsilah sayuran lebih dari 4 porsi setiap harinya. Sayur-sayuran yang dianjurkan untuk kehamilan anda yang sudah memasuki usia 9 bulan yaitu:

  • Brokoli

Berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti asam folat, vitamin dan zat besi sangat bermanfaat untuk membantu persiapan ibu hamil selama menunggu persalinan dan juga baik untuk perkembangan janin di dalam rahim anda. Selain itu, brokoli juga membantu melancarkan pencernaan anda serta mampu mencegah anemia di usia kandungan anda yang tinggal menunggu  tanda-tanda melahirkan.

  • Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan zat besi. Zat besi sangat membantu untuk mencegah penyakit kekurangan darah atau anemia saat menjelang persalinan dan mengurangi kehilangan banyak darah saat anda melahirkan nantinya. Konsumsilah sayuran bayam secara rutin dari mulai masa awal kehamilan sampai usia kehamilan memasuki trimiser ketiga.

2. Buah-buahan

Untuk buah-buahan, anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 2-4 porsi perhari. Jenis buah-buahan yang baik untuk memenuhi asupan gizi pada usia kandungan 9 bulan yaitu:

  • Kurma

Kurma sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalori anda dan memperlancar aliran oksigen yang akan menunjang perkembangan janin. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari selama masa kehamilan.

  • Pisang

Jadikan buah pisang sebagai sarapan anda setiap pagi di saat masa kehamilan memasuki usia 9 bulan. Kandungan nutrisi buah pisang sama dengan sayur bayam, yaitu mengandung zat besi dan kaya mineral yang akan membantu mencegah anemia dan kehilangan banyak darah saat anda melahirkan sang buah hati nantinya.

3. Makanan yang kaya protein

Makanlah makanan yang mengandung banyak protein sebanyak 3 porsi setiap harinya. Baik protein yang berasal dari hewani seperti telur, atau protein nabati seperti tahu dan tempe sangat baik dan dianjurkan untuk anda konsumsi setiap harinya.

4. Produk Susu

 Produk susu di sini yaitu seperti keju, yogurt dan susu itu sendiri. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 4 porsi setiap harinya.

5. Gandum

Makanan yan mengandung gandum atau karbohidrat adalah yang paling penting untuk anda konsumsi selama masa kehamilan muda sampai usia 9 bulan kehamilan. Konsumsi jenis makanan yang mengandum gandum sebanyak 6-11 perhari.

6. Madu

Khasiat madu memang sangat banyak dan baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi madu pada masa kehamilan 9 bulan akan membantu memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Selain itu, madu juga berguna untuk  menjaga kebugaran anda selama hamil sampai menjelang proses persalinan.

Itulah 6 makanan yang dapat memenuhi asupan gizi pada masa kehamilan 9 bulan. Baiknya, anda  mencukupi semua kebutuhan nutrisi  dengan 6 jenis makanan di atas sejak masa awal kehamilan sampai menjelang masa persalinan. Karena hal ini sangat membantu untuk masa perkembangan janin serta kesehatan anda selama mengandung sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *