8 Cara Mudah Mengontrol Nafsu Makan Selama Kehamilan

Memasuki awal kehamilan, biasanya ibu-ibu hamil atau bumil akan kehilangan nafsu makan. Mereka sering merasa mual-mual dan nafsu makannya pun menurun drastis. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan beberapa makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi bumil dan janin menjadi terabaikan. Untuk itulah sangat penting menjaga nafsu makan selama masa kehamilan, untuk perkembangan janin serta kesehatan bumil itu sendiril.

Jika anda terus membiarkan nafsu makan anda berkurang dan membiarkan pola makan yang tidak sehat saat masa kehamilan, dampak negatif yang bisa terjadi pada anda yaitu berupa keluhan kesehatan seperti pegal-pegal, janin, gangguan pencernaan hingga gangguan gigi dan gusi.  Sedangkan dampak untuk janin anda yaitu dapat terhambat masa perkembangan dan pertumbuhan janin sebelum dan setelah dilahirkan.

Untuk mengatasi masalah nafsu makan anda selama kehamilan, berikut ini adalah tips-tips yang ampuh untuk menjaga nafsu makan anda selama kehamilan.

1. Makan dengan porsi yang kecil

Makan dengan porsi kecil lebih baik dibandingkan dengan porsi makan yang besar. Selain itu juga sangat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan makan dan nutrisi setiap harinya. Makanlah dengan porsi kecil sebanyak 5-6 kali sehari, ini akan membantu anda untuk menjaga nafsu makan selama hamil serta membantu mengurangi rasa mual anda.

2. Minum susu khusus untuk ibu hamil

Sekarang, banyak produk-produk susu di pasaran yang khusus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu ibu hamil atau susu yang rendah lemak dapat meningkatkan kebutuhan nutrisi tambahan untuk janin dan menambah energi anda. Susu ibu hamil dan susu rendah lemak adalah sumber protein terbaik untuk memenuhi gizi dan nutrisi selama masa kehamilan.

3. Makan salad

Baik salad buah maupun salad sayur sangat baik untuk mengatasi nafsu makan anda yang kurang. Anda dapat mengkonsumsi salad di siang hari atau menjelang petang. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa salad mampu  menjaga tubuh anda dari makanan yang mengandung kalori tinggi sehingga dapat menjaga nutrisi dan gizi makanan secara keseluruhan.

4. Makan sup

Sayur sup yang dibuat dari varian sayur-sayuran yang rendah lemak seperti wortel, kentang, brokoli, bayam dan sayuran rendah lemat lainnya sangat membantu anda menjaga nafsu makan. Jika anda kehilangan nafsu makan, makalah sup jagung dan sup makaroni di siang hari. Kalau anda ingin membuat sup yang tanpa lemak atau menghindari lemak yang kebanyakan, tipsnya adalah dengan membuat kaldunya dengan air rebusan baru.

5. Mengkonsumsi olahan makanan dari kedelai dan kacang-kacangan

Kedelai adalah sumber protein, lemak dan karbihidrat yang baik dan sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsilah makanan yang terbuat dari kedelai untuk mengontrol nafsu makan anda selama hamil.

Sedangkan kacang-kacangan membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda selama masa kehamilan. Bagi anda yang kurang nafsu makan selama hamil, buatlah camilan dari kacang-kacangan. Ini akan membantu nafsu makan anda terkontrol dengan baik.

6. Jangan memaksakan diri untuk makan banyak sekaligus

Makan yang banyak belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk anda dan janin. Makanlah sesuai dengan porsi anda dan sedikit demi sedikit. Setidaknya, butuh 20 menit bagi otak untuk menyampaikan rasa kenyang pada perut anda. Makanlah dengan rentan waktu yang dekat dan sedikit demi sedikit, tidak langsung sekali banyak.

7. Buah jeruk dan buah jeruk bali

Bagi anda yang nafsu makannya berlebihan, anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah jeruk atau buah jeruk bali setiap hari. Kandungan nutrisi di dalam kedua buah tersebut  akan membantu membuat anda merasa lebih cepat kenyang dan menjaga gula darah agar  tetap stabil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *