8 Faktor Penyebab Sulit Mendapat Keturunan

Ada banyak faktor yang menyebabkan pasangan sulit untuk mendapatkan momongan. Bisa karena faktor internal dari pria, atau wanita, bisa juga disebabkan oleh faktor eksternal. Buat anda yang telah berusaha sangat keras dalam memiliki keturunan, namun hingga detik ini, keinginan tersebut belum terkabul, maka bisa jadi beberapa penyebab di bawah ini, adalah penyebabnya.

1. Menunda kehamilan terlalu lama

Di masa modern ini, banyak wanita yang memilih karir sebagai tujuan utama dalam hidupnya, sehingga mengesampingkan urusan mendapatkan momongan. Pada akhirnya keputusan ini berujung pada penundaan untuk memiliki anak dan lebih mengutamakan karirnya terlebih dahulu. Sayangnya, wanita yang menunda kehamilan terlalu lama bisa berpotensi menjadi sulit mendapatkan momongan. Wanita yang sudah menginjak usia 30 hingga 40 tahun akan sulit mendapatkan anak, terlebih jika usianya sudah 40 tahun ke atas. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia wanita, maka produksi sel telurnya akan berkurang dan terjadi penurunan kualitas.

2. Jumlah sperma sedikit

Masih dari faktor internal, salah satu alasan kenapa pasangan sulit mendapatkan anak atau momongan adalah jumlah sperma pria yang sedikit. Jumlah sperma yang kurang dari 20 juta sperma per milimeter adalah jumlah yang bisa dibilang sangat sedikit, sehingga dikhawatirkan akan kesulitan untuk melakukan pembuahan sel telur. Normalnya, seorang pria yang sehat mengeluarkan setidaknya 39 juta sperma setiap kali ejakulasi. Karena memiliki jumlah sperma yang minim merupakan masalah yang serius, sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai masalah tersebut untuk mendapatkan solusi.

3. Terlalu gemuk

Baik pada pria maupun wanita, kegemukan bisa menyebabkan masalah di kesehatan reproduksi. Wanita yang kelebihan berat badan akan sulit untuk memiliki anak, karena jumlah sel lemak yang terlalu banyak bisa menyebabkan kelebihan produksi estrogen yang mana menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Selain itu, wanita yang mengalami obesitas rentan terkena resiko keguguran. Sedangkan masalah kegemukan pada pria, terjadi karena gerak sperma menjadi lambat dan jumlahnya juga menurun, hal ini disebabkan karena badan yang gemuk membuat testis menjadi terlalu hangat

4. Olahraga Terlalu Keras

Olahraga yang berlebihan pada wanita bisa menyebabkan terhambatnya kesempatan untuk mendapatkan anak, hal ini dikarenakan olahraga yang terlalu keras bisa menyebabkan terganggunya siklus menstruasi yang dipicu oleh turunnya level gonadotropin dan peningkatan kortisol serta endorphin dalam tubuh.

5. Terjadi Sumbatan Pada Vagina

Vagina yang tersumbat akan membuat laju sperma terganggu, sehingga tidak bisa melakukan pembuahan. Penyumbatan terjadi karena 2 hal, yang pertama yakni sumbatan psikogen dan yang kedua sumbatan anamitis yang disebabkan oleh kuman yang tinggal di dalam vagina.

6. Kelainan Mulut Rahim

Rahim yang normal, maka mulut rahimnya akan mengarah ke depan, dan langsung berhadapan dengan dinding belakang vagina. Posisi normal ini memungkinkan sperma untuk sampai ke saluran mulut rahim, sehingga mudah untuk melakukan pembuahan. Namun jika terjadi penyimpangan, maka proses pembuahan akan terhambat sehingga menjadi sulit untuk hamil.

7. Kelainan Saluran Telur

Apabila seorang wanita mengalami kelainan pada saluran telur, maka hal tersebut juga bisa menjadi penyebab sulitnya mendapatkan momongan. Kelainan pada saluran reproduksi wanita ini termasuk masalah infertilitas yang sering ditemui. Salah satu contohnya adalah tuba yang mengalami pembesaran secara keseluruhan, kemudian adanya peradangan yang menyebabkan tuba memendek, mengalami fibrosis, dan perlekatan tuba sehingga bisa menganggu fungsi dari fimbria.

8. Kelainan Ovarium (Indung Telur)

Masalah pada ovarium, misalnya terjadi kelainan seperti adanya kista endometrosis maka bisa menyebabkan gagalnya ovulasi. Hal ini bisa menyebabkan organ reproduksi wanita tidak bisa menghasilkan sel telur yang seharusnya dibuahi oleh sperma.

Bagi anda sudah lama menikah tetapi belum dikarunia keturunan, maka kami sarankan solusi yang telah banyak membantu banyak pasangan suami istri yaitu “buku tips cara cepat hamil” yang ditulis oleh seorang dokter Spesialias Kandungan. Untuk pemesanannya silahkan Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *