8 Makanan Terbaik Penyubur Kandungan

Bagi pasangan yang berencana untuk memiliki momongan, mengkonsumsi makanan penyubur kandungan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ reproduksi. Setelah berusaha sebaik mungkin agar kesehatan reproduksi terjaga dengan baik, maka langkah penunjang agar segera bisa memiliki momongan adalah dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Nah, berikut jenis makanan penyubur kandungan yang baik dikonsumsi para ibu muda yang ingin segera punya anak.

1. Daging

Mulailah segera konsumsi daging sapi dan daging ayam yang rendah lemak. Kedua bahan makanan ini kaya akan protein hewani dan mengandung zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi akan membantu wanita untuk memperlancar menstruasi. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsi bahan-bahan tersebut lebih dari 3 porsi dalam sehari, karena justru bisa menurunkan kesuburan.

2. Tumbuh-tumbuhan berprotein

Tumbuh-tumbuhan telah lama menjadi baham alami yang memiliki banyak manfaat, anda bisa mulai mengkonsumsi kedelai, kacang tanah, kacang polong, tempe dan tahu yang kaya akan protein nabati. Bahan makanan tersebut, selain murah tetapi juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, sehingga cocok bagi anda yang sedang menjalankan diet. Para ahli menyarankan bagi pasangan yang ingin segera dikaruniai momongan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan proten nabati dan protein hewani.

3. Ikan

Kandungan alami ikan yang banyak berupa asam lemak omega 3 memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk dalam menjaga kesehatan alat reproduksi manusia. Saran konsumsi per minggunya adalah tidak lebih dari 12 ons ikan dalam 1 minggu. Beberapa jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sarden, salmon dan lele. Bagi anda yang tidak menyukai ikan, maka bisa menggantinya dengan makanan lain seperti telur, almond dan kenari yang juga mengandung asam lemak omega 3.

4. Produk susu

Produk susu memiliki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nutrisinya yang berupa kalsium dan fosfor sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat, selain itu mengkonsumsi minimal 1 gelas susu per hari bisa meningkatkan tingkat kesuburan kandungan. Diketahui bahwa 8 dari 10 wanita yang mengkonsumsi susu lebih cepat hamil daripada yang tidak rutin minum susu. Usahakan untuk konsumsi susu yang rendah lemak agar berat badan bisa terjaga.

5. Makanan yang mengandung zinc

Zinc merupakan zat yang baik bagi anda yang ingin segera hamil. Manfaat dari zinc adalah untuk melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur. Anda bisa mendapatkan zinc dengan mengkonsumsi bahan makanan mulai dari biji-bijian, produk susu, telur, dan daging sapi.

6. Ubi

Ubi adalah makanan alami yang banyak tersedia di Indonesia, meskipun terkesan remeh dan jarang dikonsumsi, namun ubi memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesuburan wanita. Menurut beberapa sumber, ubi bermanfaat untuk merangsang organ reproduksi wanita untuk melakukan ovulasi.

7. Tiram

Tiram adalah bahan makanan yang banyak terdapat di laut. Meskipun bukan merupakan bahan utama makanan sehari-hari, namun tiram memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Tiram banyak mengandung zat zinc yang merupakan nutrisi yang baik untuk konsepsi dan kesuburan. Tubuh yang kekurangan zat zinc akan terganggu siklus menstruasinya serta memperlambat produksi sel telur berkualitas. Bagi anda yang ingin segera memiliki momongan, segera mulailah untuk mengkonsumsi tiram, namun tetap usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

8. Buah Berry

Konsumsilah buah-buahan seperti strawberry, blueberry dan raspberry yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Kenapa? karena zat antikosidan memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel dini. Termasuk juga menjaga sel-sel telur agar tetap terjaga kondisinya tetap baik.

Itulah beberapa macam makanan penyubur kandungan yang sebaiknya rutin anda konsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat.

Bagi anda sudah lama menikah tetapi belum dikarunia keturunan, maka kami sarankan solusi yang telah banyak membantu banyak pasangan suami istri yaitu “buku tips cara cepat hamil” yang ditulis oleh seorang dokter Spesialias Kandungan. Untuk pemesanannya silahkan Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *