9 Tips Jitu dalam Merencanakan Kehamilan Bayi Kembar

Banyak pasangan suami istri yang mengidamkan punya anak kembar. Kehadiran buah hati yang kembar pasti akan lebih menambah kebahagiaan serta suasana hangat keluarga.  Akan tetapi sayangnya tak semua wanita bisa mengandung bayi kembar. Karena banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya bayi kembar tersebut. Yang mana salah satunya yang berpengaruh besar adalah faktor genetik.

Meskipun begitu anda tak usah berkecil hati. Di zaman sekarang, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, keinginan untuk memiliki anak kembar bisa direncanakan atau diprogramkan.

Lantas, kira-kira bagaimana cara merencanakan bayi kembar yang ampuh dan mempunyai potensi keberhasilan yang besar? Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak beberapa cara di bawah ini.

1. Konsultasikan dengan dokter ahli kandungan

Jika anda ingin memiliki anak kembar, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ahli kandungan. Sekarang, banyak dokter ahli kandungan yang bisa memberikan stimulasi khusus untuk membantu anda mempunyai bayi kembar. Salah satu program untuk bayi kembar yaitu dengan menggunakan program bayi tabung. Walaupun tidak selalu berhasil, tapi tidak ada salahnya bagi anda dan pasangan untuk mencobanya.

2. Mengkonsumsi asam folat

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa asam folat dapat membantu untuk mengandung bayi kembar. Asam folat dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau pil dan juga makanan yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kesempatan untuk mengandung bayi kembar bagi wanita yang mengkonsumsi asam folat yaitu sebesar 40 persen tingkat keberhasilannya. Saat anda sudah memasuki awal masa kehamilan, mengkonsumsi asam folat juga sangat baik dilakukan, hingga sampai menjelang persalinan.

3. Memiliki berat badan yang seimbang

Berat badan di masa kehamilan juga memengaruhi anda untuk bisa mempunyai bayi kembar. Jadi, mulai dari sekarang jika anda ingin mempunyai bayi kembar, rencanakanlah program untuk menyeimbangkan berat badan.

4. Mengkonsumsi produk susu

Mengkonsumsi produk susu saat masa pembuahan dapat membantu untuk mempunyai bayi kembar. Besar kemungkinan bagi anda mengandung bayi kembar jika sering mengkonsumsi produk susu seperti yogurt, keju dan produk makanan yang terbuat dari susu lainnya.

5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung magnesium/ kalsium

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium dapat membantu untuk meningkatkan peluang memiliki bayi kembar.

6. Mengkonsumsi singkong

Singkong dapat menyebabkan hyperovulation yaitu produksi telur sebanyak dua atau lebih selama ovulasi. Sehingga bisa memperbesar peluang atau kemungkinan untuk mempunyai bayi kembar. 

7. Dengan metode medis

Metode medis yang dapat anda coba yaitu dengan mengkonsumsi obat kesuburan yang mengandung asam folat, atau obat Clomid tetapi harus dengan pengawasan medis. Cara lainnya yaitu dengan melalui program IVT yaitu implantasi telur.

8. Berhenti mengikuti program KB

Jika anda sudah menjalani KB selama kurang lebih enam bulan, sebaiknya anda berhenti dulu. Karena ketika anda berhenti KB, dapat membantu meningkatkan hormon sehingga anda dapat memproduksi lebih dari satu telur pada satu siklus.

9. Posisi bercinta

Posisi bercinta ternyata juga dapat memengaruhi peluang untuk memiliki anak kembar. Beberapa posisi bercinta yang dapat mendukung untuk hamil kembar yaitu posisi  doggy stlye dan posisi misionaris.

Itulah beberapa cara yang dapat membantu untuk merencanakan kehamilan kembar. Pada dasarnya sebenarnya sangat susah memiliki anak kembar jika anda ataupun suami anda tidak mempunyai keturunan kembar dalam satu keluarga. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda untuk bisa mengandung bayi kembar dengan mencoba menerapkan beberapa tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *