5 Tanda – Tanda Awal Kehamilan

Kehamilan merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Sebenarnya tanda-tanda pasti kehamilan utama adalah telatnya haid bulanan. Namun mengenali tanda tanda kehamilan sebelum telat haid jugalah sangat penting.

Dengan mendeteksi kehamilan dini akan menghindarkan kehamilan dari resiko-resiko berbahaya yang tidak diinginkan yang akan terjadi pada bumil / ibu hamil atau pada janinnya di dalam kandungan. Nah untuk itu, dibawah ini akan kami ulas dan jelaskan mengenai berbagai macam tanda-tanda kehamilan sebelum terdeteksinya telat datang bulan.

1. Perubahan yang signifikan pada beberapa bagian tubuh

 

Tidak hanya mengalami perbesaran pada bagian perut saja, namun pada saat kehamilan beberapa bagian pada tubuh wanita akan terlihat berbeda seperti bagian paha, dada, lengan dan bokong, yang terkadang ikut mengalami pembengkakan.

Pada bagian payudara biasanya akan mengalami kesemutan dan nyeri, bahkan dada akan terasa lebih berisi dan berubah. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang ada didalam tubuh. Payudara akan menjadi lebih sensitive dari sebelumnya. Bagian putting akan muncul dan berwarna lebih gelap serta munculnya pembuluh darah yang akan terlihat pada bagian kulit payudara.

2. Sering buang air kecil

Perubahan hormone didalam tubuh akan menyebabkan wanita terkadang lebih sering untuk buang air kecil terutama pada malam hari. Hal ini sering terjadi di masa awal kehamilan. Pada tahap kehamilan selanjutnya, sering buang air kecil disebabkan oleh pembesaran rahim sehingga akan menekan kantong kemih.

3. Kram perut

Gejala ini dapat menjadi tanda awal kehamilan yang sangat khas. Hal ini dikarenakan berhentinya produksi hormone progesteron dari corpus luteal ketika plasenta mulai hadir didalam rahim.

Kram perut juga dapat disebabkan oleh otot rahim yang meregang karena mulai hadirnya janin didalam tubuh. Terkadang kram perut ini hanya berlangsung ringan sampai dengan hebat bahkan disertai dengan pendarahan. Bila terjadi pendarahan seperti tersebut maka lebih baik segera periksakan ke dokter untuk menghindari terjadinya resiko yang berbahaya.

4. Mual dan muntah serta sensitif terhadapa bau

Hampir sebagian besar wanita hamil akan mengalami gejala mual dan muntah. Beberapa diantaranya mengalaminya di waktu pagi hari yang sering disebut dnegan morning sickness. Namun terkadang juga ada beberapa wanita yang mengalaminya sepanjang hari.

Ketika terjadi di pagi hari, hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung dan kadar hormon beta-HCG. Untuk mencegah mual dan muntah usahakan agar perut tidak pernah dalam keadaan yang kosong. Biasanya gejala mual dan muntah akan hilang setelah kehamilan memasuki usia 5 bulan.

Sebenarnya gejala mual dan muntah pada masa awal kehamilan juga dapat disebabkan oleh indra penciuman yang menjadi lebih sensitif terutama pada bebauan tertentu yang kuat seperti asap rokok, telur, bawang, dan lain-lainnya.

5. Munculnya bercak darah atau flek

Tanda kehamilan lainnya adalah munuculnya bercak darah sebelum periode menstruasi anda. Biasanya hal ini terjadi pada saat 8-10 hari setelah terjadinya proses ovulasi. Bercak darah ini muncul dikarenakan implantasi atau proses menempelnya embrio pada dinding rahim. Seringkali wanita salah mengartikan bercak darah ini sebagai menstruasi. Bercak darah atau flek ini akan terjadi sejak kehamilan pada minggu pertama hingga masa trimester pertama berakhir.

Bila anda mengalami gejala-gejala seperti diatas anda dapat langsung memeriksakannya dengan menggunakan alat tes kehamilan (test pack) ataupun langsung memeriksakan diri ke dokter agar lebih jelasnya. Mendeteksi kehamilan dari awal akan sangat bermanfaat untuk menghindari resiko yang dapat terjadi pada masa-masa kehamilan. Semoga informasi diatas bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *