Cara Mengatasi Susah Tidur Menjelang dan Pasca Melahirkan

Hampir setiap wanita yang sedang hamil pasti mengalami susah tidur. Hal itu sebenarnya normal karena itu merupakan keluhan wajar yang di sebabkan perubahan hormon, karena beban tubuh semakin berat seiring bertambahnya usia kehamilan, dan penyebab-penyebab lainnya. Dan seringkali, semakin mendekati hari H kelahiran buah hati anda, kondisi susah tidur tersebut semakin meningkat. Begitupun pasca kelahiran buah hati anda. Keluhan susah tidur tersebut kadang masih terus mendera.

Jika anda sedang mengalami hal tersebut, jangan terlalu risau. Dan jangan sekali-sekali minum obat tidur yang di perjual belikan bebas di pasaran tanpa resep dokter. Karena hal tersebut bisa berbahaya terhadap kesehatan janin anda. Untuk itu, sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini, guna mengatasi keluhan susah tidur yang bunda alami.

1. Minta dukungan suami dan keluarga

Dukungan dari keluarga atau suami khususnya dapat membantu anda untuk melakukan tidur. Kebutuhan tidur sangat anda butuhkan untuk melakukan persalinan maupun setelah persalinan. Tenaga yang cukup ekstra sangat dibutuhkan agar semuanya berjalan dengan baik. Mintalah suami atau keluarga anda untuk membantu anda tertidur. Lakukan berulang-ulang sehingga anda benar-benar merasakan tidur yang pulas.

2. Atur depresi yang berlebihan

Hal yang membuat anda sulit untuk tidur adalah depresi ringan yang anda besar-besarkan. Hal kecil seperti ketakutan saat melaksanakan persalinan atau khawatir tidak dapat dekat dengan si kecil merupakan hal yang tidak perlu anda pikirkan. Jika tubuh anda tercukupi dalam kebutuhan tidur, anda dapat mengontrol pikiran-pikiran negative anda. Buang jauh-jauh depresi anda demi kesehatan anda dan sang buah hati.

3. Hindari makan atau minum yang mengandung kafein

Kebanyakan dari ibu hamil memilih memakan atau meminum bahan yang berkafein untuk menemani insomnia mereka di malam hari. Hal tersebut sebaiknya anda hindari. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan gula tidak baik untuk kesehatan anda dan si kecil. Buatlah diri anda mengantuk. Aturlah posisi tidur anda sehingga menghasilkan posisi yang membuat anda terlelap.

4. Hindari barang elektronik

Bila anda ingin cepat tidur, sebaiknya anda menghindari atau mengurangi menggunakan barang elektronik seperti handphone, televise, atupun laptop. Selain menggangu kesehatan mata anda, kurangnya tidur sangat tidak baik untuk anda dan si kecil. Usahakan untuk menggunakan barang elektronik sebutuh anda. Perlu diingat, jauhkan barang elektronik tersebut dari si kecil maupun kandungan anda. Hal tersebut dapat mengganggu perkembangan syaraf si kecil.

5. Berbaringlah walau tidak dapat tidur

Berbaring merupakan hal yang dapat anda lakukan untuk membuat anda tertidur. Pasalnya, rangsangan yang dihasilkan oleh tempat tidur dapat membantu anda untuk lebih cepat tertidur. Usahakan untuk mematikan lampu kamar sebelum tidur. Lampu kamar yang tetap menyala akan mengganggu anda untuk tidur dan tidak membuat tidur anda menjadi lelap.

6. Ubah suasana kamar

Banyaknya barang-barang untuk buah hati anda membuat kamar menjadi penuh sesak dan berantakan. Hal tersebut membuat anda kesulitan untuk tidur. Mintalah bantuan kepada suami anda untuk bersama-sama membersihkan dan membereskan tempat tidur yang penuh dengan barang-barang si kecil. Atur tata letak barang-barang anda dan buah hati. Perlu diingat, jangan mencampur barang anda dengan barang si kecil. Kebersihan dari pakaian dan barang si kecil haruslah nomor satu. Jika semua sudah tertata rapi, anda pasti akan tidur dengan nyaman dan pulas.

7. Minta bantuan orang lain untuk mengurus bayi pada malam hari

Mengurus bayi untuk pertama kali tidaklah mudah. Anda harus menyiapkan energi ekstra untuk merawatnya. Namun, jika anda mengabaikan jam tidur malam, anda akan semakin kelelahan untuk merawat si kecil di pagi hari. Mintalah bantuan suami, keluarga, atau baby sitter untuk mengurus bayi anda pada malam hari, hal tersebut dapat membantu anda untuk beristirahat malam dan siap mengurus si kecil di keesokan harinya.

Itulah ke 7 tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi susah tidur menjelang ataupun pasca melahirkan buah hati anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *