Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Agar Bisa Melahirkan Normal

Melahirkan dengan cara yang normal merupakan langkah persalinan yang paling diminati oleh ibu hamil. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang menyebabkan ibu tidak dapat melakukan persalinan normal dan menjalani operasi caesar sebagai gantinya. Hal ini dapat terjadi salah satu misalnya di karenakan, bayi sungsang saat usia delapan bulan.

Bayi sungsang dapat terjadi ketika posisi kaki bayi masih berada di bawah sementara bagian kepalanya berada di atas saat waktu persalinan semakin dekat. Bayi sungsang beresiko membuat bayi kekurangan oksigen selama persalinan sekaligus memicu disleksia pada saat anak-anak. Meski demikian, ibu tidak perlu khawatir secara berlebihan karena tips yang berikut ini, dapat ibu lakukan guna mengembalikan bayi sungsang ke posisi normalnya.

1. Posisi forward-leaning inversion

Cara mengembalikan posisi janin yang pertama adalah dengan melakukan posisi forward-leaning inversion. Posisi yang satu dapat dilakukan dengan bertelungkup dan kedua kaki yang diletakkan di atas sofa sementara lengan ibu berada di bagian bawah sofa. Lakukan teknik ini sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari.

2. Pijatan ringan

Melakukan pijatan ringan untuk mengatasi bayi sungsang, dapat diakukan dengan cara memijat ringan area sekitar rahim ibu. Pemijatan dilakukan untuk menstimulasi bayi agar mau bergerak ke posisi yang normal. Ibu juga dapat menggunakan minyak zaitun dalam mempermudah pemijatan.

3. Berenang

Berbicara mengenai olahraga yang menyenangkan, maka renang menjadi salah satunya. Olahraga renang tidak hanya bagus untuk kesehatan melainkan juga baik dilakukan oleh ibu hamil.

Kegunaan air yang beinteraksi dengan tubuh ibu, bukan hanya menambah rasa segar, melainkan juga bagus untuk membuat otot perut menjadi lebih kendur. Alhasil, posisi bayi yang sungsang dapat kembali normal.

4. Senam

Melakukan gerakan yoga dalam senam kehamilan seperti halnya knee chest, hadstand, dan merangkak, dapat memperbaiki posisi bayi yang sungsang ke posisi yang normal.

5. Relaksasi hypnobrithing

Teknik yang satu ini telah dikenal secara luas dalam dunia kesehatan sebagai salah satu langkah mengatasi bayi sungsang. Adapun caranya bisa dilakukan dengan mengajak bayi berbicara dan memintanya untuk kembali ke posisi bayi yang normal. Lakukan kegiatan ini sembari membayangkan gerakan perputaran bayi dalam kandungan.

Meski terdengar sepele namun nyatanya, relaksasi hypnobrithing dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk menangani bayi sungsang. Lakukan teknik ini minimal 2 kali dalam sehari dan ibu bisa melihat sendiri perubahan yang terjadi.

6. Breech tilt

Langkah mengembalikan bayi sungsang yang selanjutnya adalah dengan melakukan breech tilt. Caranya bisa dilakukan dengan menyimpan tiga hingga empat bantal di bawah bokong ibu. Selanjutnya, posisikan kepala dan leher ibu untuk menyentuh lantai.

Lakukan posisi breech tilt sebanyak 3 kali dalam sehari. Lakukan masing-masing dengan durasi 15 menit saat perut ibu tidak dalam keadaan kenyang.

7. Putar lagu di bagian perut bawah ibu

Memutar lagu di bagian perut bawah ibu dapat dilakukan dalam merangsang bayi untuk berada di posisi yang normal. Selain menggunakan lagu, ibu juga bisa meminta suami melakukan interaksi dengan bayi tepat di bagian perut bawah ibu.

8. Menungging atau dengan posisi bersujud

Latihan yang satu ini bisa ibu lakukan pada minggu ke 30 hingga minggu ke 37 di masa kehamilan. Menungging atau posisi bersujud dipercaya sebagai cara yang bagus dalam membantu janin agar kembali ke posisi normal. Ibu bisa melakukan posisi ini 2 kali dalam sehari dan dengan durasi 5 hingga 15 menit.
Demikian langkah-langkah yang dapat ibu terapkan dalam mengembalikan bayi sungsang ke posisi yang normal. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *