Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak

Setiap anak terlahir memiliki kecerdasan yang berbeda antara satu sama lain. Penting bagi orang tua untuk mengetahui tipe kecerdasan apa yang dimiliki sang anak sejak dini. Sehingga dengan mudah orang tua dapat mengembangkan minat dan bakat sang anak. Apabila orangtua terlambat mengetahui minat dan bakat anak, akan mengakibat krisis pada anak serta mempengaruhi perkembangannya di periode dewasa.

Usia produktif pengembangan minat dan bakat pada anak terjadi pada usia 4 tahun hingga 14 tahun. Nah, untuk mengetahui minat dan bakat sang anak, cara yang dapat ditempuh oleh orangtua adalah sebagai berikut:.

1. Mengamati tipe kecerdasan anak untuk menemukan kekuatan potensi

Tipe kecerdasan pada anak meliputi:

  • Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal seorang anak ditunjukkan dengan kemampuan sang anak dalam mengikuti lagu atau mengingat lagu.

Cara mengembangkan kecerdasan ini dapat dilakukan dengan pengenalan terhadap alat musik dan juga sering mendengarkan berbagai jenis aliran musik.

  • Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal erat kaitannya dengan kemampuan anak dalam mengidentifikasi suatu keinginan dan emosinya. Misalnya tidak minder, berusaha dengan gigih dan tidak mudah putus asa.

Cara mengembangkannya dengan membiasakan berinteraksi dengan anak mengenai cita-cita.

  • Kecerdasan visual spasi

Kecerdasan visual spasi ditunjukan oleh sang anak yang memiliki kemampuan memahami pandangan ruangan. Misalnya kanan atau kiri, depan atau belakang, atas atau bawah.

Cara mengembangkannya dengan mengamati gambar, foto, merangkai puzzel, melipat kertas.

  • Kecerdasan interpersonal (sosial)

Kecerdasan interpersonal akan terlihat pada anak melalui kemampuan sang anak dalam beradaptasi terhadap lingkungan sekitar.

Cara mengembangkannya dengan membiasakan anak bermain dengan anak yang lebih tua atau lebih muda, saling berbagi kue, meminjamkan mainan, bekerjasama membuat sesuatu serta mengenalkan suku, agama melalui media buku.

  • Kecerdasan kinestetik tubuh

Kecerdasan kinestik tubuh merupakan kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang melibatkan anggota tubuh.

Cara mengembangkannya dengan mengajarkan menari, menggambar, berlari, berenang, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan gerakan fisik.

Mengenalkan anak dengan kecerdasan istimewanya  akan mempermudah orangtua dalam membantu sang anak dalam menemukan apa yang dia inginkan.

2. Membuat jurnal berdasarkan respon sang anak

Dalam proses mengamati minat dan bakat sang anak dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran dari orangtua. Kenalkan berbagai tipe kecerdasan kepada anak. Lakukan pengamatan tipe kecerdasan anak melalui aktifitas setiap harinya. Catat semua aktivitas yang menjadi daya tarik sang anak sehingga kita dengan mudah mengetahui minat dan bakat sang anak.

Apabila orangtua tidak mengetahui potensi kecerdasan pada anak sejak dini, besar kemungkinan potensi  kecerdasan tersebut akan hilang karena tidak pernah diasah. Maka dari itu dibutuhkan peran aktif orangtua demi masa depan anak.

  • Lakukan tes minat dan bakat

Untuk mendapatkan assessment kemana seharunya bakat dan minat diarahkan, ajaklah anak menemui sang ahli untuk melakukan tes minat dan bakat. Dengan mengetahui secara dini potensi dari anak, maka dengan mudah orang tua untuk mengarahkan anak untuk mengenali potensi dalam dirinya. Sehingga sang anak lebih mudah untuk menentukan cita-cita yang dia inginkan.

  • Mendukung hobi anak

Hobi merupakan wujud ketertarikan anak terhadap sesuatu hal. Membatasi apa yang menjadi hobi sang anak, sama saja dengan membatasi kreatifitasnya. Jika orang tua ingin mengetahui minat dan bakat anak, fasilitasi apa yang menjadi keinginan positif sang anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan latihan rutin dan mengikuti berbagai kompetisi yang berhubungan dengan hobi sang anak.

Setiap orang tua pasti mengingkan yang terbaik untuk buah hati. Memberikan ruang terhadap anak untuk memilih apa yang dia sukai dapat menjembatani sang anak dalam mengasah potensi diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *