Cara Mengobati Kemandulan Pada Pria

Salah satu yang menyebabkan pasangan sulit mendapatkan keturunan adalah masalah kemandulan pada pria. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah ini bisa menjadi problem yang sangat serius jika tidak segera diatasi.

Pasangan yang ingin mendapatkan momongan, sebaiknya terbebas dari masalah kesehatan, khususnya kemandulan. Untuk itu, buat anda para pria, sebaiknya baca cara mengobati kemandulan yang kami bagikan berikut ini.

1. Selalu berusaha untuk menghindari tekanan psikis

Stres dan depresi merupakan tekanan psikis yang sangat mengganggu. Kedua hal ini bisa menyebabkan gangguan pada produksi sperma yang berdampak pada sulitnya mendapatkan keturunan. Sebagian ahli menyimpulkan bahwa gangguan psikis pada pria akan memicu produksi hormon tertentu yang bisa menghambat produksi sperma. Oleh karena pentingnya untuk selalu memiliki pemikiran yang segar dan bebas dari stres, maka usahakan untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres dan bahkan depresi.

2. Stop Merokok

Sudah begitu banyak himbauan, saran dan informasi mengenai bahaya merokok, namun bagi pria yang sudah terbiasa merokok, pasti akan kesulitan untuk berhenti dari rokok. Padahal kita tahu bahwa rokok bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk mempengaruhi kesuburan pria. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk berhenti dari rokok jika ingin segera memiliki momongan. Dikatakan juga bahwa merokok menjadi salah satu sebab seorang pria mengalami impotensi.

3. Stop Olahraga Berlebihan

Hampir segala sesuatu yang sifatnya berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam melakukan olahraga. Kenapa? karena dengan melakukan olahraga yang terlalu keras bisa menyebabkan suhu di sekitar testis pria menjadi hangat dan hal inilah yang bisa menyebabkan kemandulan. Suhu yang terlalu tinggi di area testis, terlebih jika kondisi panas bertahan dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan produksi sperma turun dan apabila hal ini terus berlanjut bisa menyebabkan kemandulan. Jadi sangat disarankan untuk tidak berolahraga terlalu keras, atur waktu dan frekuensi olahraga anda agar cukup membuat badan anda tetap sehat dan tidak sampai mengganggu kesehatan reproduksi.

4. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin

Makanan yang kaya akan vitamin selalu berkorelasi dengan badan yang sehat, oleh karena itu jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat terlebih untuk menjaga kesehatan reproduksi anda, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Anda bisa memasukkan menu makanan yang kaya akan vitamin B9 yang bisa meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Vitamin jenis ini banyak terdapat pada buah alpukat.

5. Menghindari Penggunaan Celana Dalam Ketat

Penggunaan celana dalam ketat memiliki efek yang sama dengan olahraga yang terlalu keras, hal ini juga menyebabkan area testis pria menjadi hangat, sehingga mempengaruhi produksi sperma pria. Anda bisa mengganti celana dalam ketat dengan celana boxer yang lebih longgar, sehingga mempermudah sirkulasi udara dan area testis tidak menjadi terlalu panas.

6. Hindari berendam di air hangat terlalu lama

Berendam di air hangat apalagi yang dilakukan setelah lelah bekerja sepanjang hari memang aktivitas yang menyenangkan. Seolah badan menjadi lebih enak dan tidur menjadi nyenyak, namun usahakan untuk tidak terlalu lama berendam di air hangat karena suhu air yang lebih tinggi daripada suhu tubuh bisa menyebabkan turunnya produksi sperma. Suhu air yang direkomendasikan adalah 36,5 derajat dan jangan berendam lebih dari 15 menit di air hangat.

7. Jaga berat badan ideal

Kegemukan yang berujung pada obesitas bisa menyebabkan masalah pada organ reproduksi pria. Jika banyak anggota tubuh yang tertimbun dengan lemak, maka akan menyebabkan temperatur di area testis menjadi panas, sehingga bisa membunuh sperma di dalamnya. Usahakan untuk menjaga berat badan anda tetap ideal sesuai dengan angka Body Mass Index, agar anda terhindar dari masalah kesehatan khususnya masalah reproduksi.

Demikian di atas, informasi mengenai cara mengobati kemandulan pada pria, yang sebaiknya anda tahu. Silahkan ikuti dan terapkan tips di atas, agar kemandulan anda hilang sehingga bisa mendapatkan momongan dengan segera.

Bagi anda sudah lama menikah tetapi belum dikarunia keturunan, maka kami sarankan solusi yang telah banyak membantu banyak pasangan suami istri yaitu “buku tips cara cepat hamil” yang ditulis oleh seorang dokter Spesialias Kandungan. Untuk pemesanannya silahkan Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *