Kesehatan Bayi: Berat Badan dan Panjang Normal dalam Kandungan

Pertumbuhan adalah salah satu indikator untuk mengukur kesehatan bayi. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menimbang si kecil pada saat masih bayi.

Pertumbuhan yang tidak baik atau melambat bisa menjadi salah satu indikasi atau tanda jika bayi Anda sakit. Sebaliknya, pertambahan berat badan dan tinggi yang ideal adalah tanda positif bahwa bayi Anda adalah bayi yang sehat. Lantas, berapa sih berat badan dan panjang bayi yang ideal tersebut? Berikut jawabannya.

Pertumbuhan bayi usia 3 bulan

Pada kondisi normal, untuk bayi laki-laki dengan umur 3 bulan memiliki rentang berat badan normal sekitar 5 kilo gram sampai dengan 8 kilo gram. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat sekitar 4,6 kilo gram sampai 7,5 kilo gram. Untuk panjangnya, badan bayi laki-laki usia 3 bulan sekitar 57,3 cm sampai 65,6 cm. Sementara untuk bayi perempuan  panjang badannya 53,6 cm sampai 64 cm.

Perkembangan motorik bayi semakin meningkat pada usia 3 bulan. Si bayi sudah bisa menegakkan kepalanya ketika dia duduk. Selain itu, si kecil juga sudah bisa memegang mainan. Sensorik bayi juga berkembang dengan pesat. Pada usia ini bayi sudah mampu tertawa dan berteriak. Ia juga sudah bisa memandang anggota geraknya, seperti jari-jari dan tangan.

Pertumbuhan usia bayi 6 bulan

Bayi laki-laki berusia 6 bulan memiliki berat badan sekitar 6,3 kg – 9,8 kg dengan panjang sekitar 63,2 cm – 71,9 cm. Sementara untuk berat badan bayi perempuan adalah 5,8 kg – 9,3 kg. Untuk panjang bayi perempuan adalah sekitar 61,2 cm – 70,3 cm.

Pada usia 6 bulan, si bayi sudah mampu untuk duduk sendiri tanpa berpegangan pada benda lain. Si bayi juga sudah bisa mencari dan mengambil mainan/benda yang ia jatuhkan. Pada tahap ini pula si bayi mampu memasukan makanan atau biskuit sendiri ke dalam mulutnya.

Pertumbuhan bayi usia 9 bulan

Pada usia 9 bulan, bayi laki-laki memiliki berat badan sekitar 7,2 kg – 11,1 kg sedangkan untuk bayi perempuan sekitar 6,5 kg – 10,6 kg. Panjang badan bayi laki-laki usia 9 bulan berkisar 67,5 cm – 76,3 cm dan kisaran panjang badan bayi perempuan 9 bulan adalah 65,3 cm – 75 cm.

Pada saat ini si bayi sudah dapat membalas interaksi yang kita berikan. Hal ini karena di usia ini, si bayi sudah dapat melambaikan tangannya pada seseorang sambil tersenyum.

Pertumbuhan bayi usia 12 bulan (1 tahun)

Fase usia 12 bulan atau 1 tahun si bayi merupakan fase yang berharga bagi kedua orang tua. Biasanya para orang tua akan merayakan ulang tahun pertama buah hati mereka. Selain itu, pada fase ini tumbuh kembang bayi akan menjadi perhatian penuh untuk kedua orang tua.

Berat badan yang ideal untuk bayi laki-laki berumur 12 bulan adalah 7,8 kg – 12 kg. Untuk berat badan ideal bayi perempuan 12 bulan sekitar 7,1 kg – 11,5 kg. Panjang badan ideal bayi laki-laki usia 12 bulan adalah 71 cm – 81,5 cm. Untuk bayi perempuan 1 tahun panjang badan idealnya adalah 68 cm – 79,2 cm.

Salah satu kebahagiaan orang tua adalah melihat si buah hati tumbuh dengan sehat. Melihat pertumbuhan bayi yang tidak sehat tentu akan membuat orang tua khawatir. Untuk itu, selalu beri asupan gizi terbaik pada si buah hati agar berat badan dan panjangnya mencapai kondisi yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *