Lakukan Beberapa Persiapan Ini Saat Menjelang Persalinan

Sangat wajar jika semakin dekat detik-detik melahirkan, para bumil atau ibu hamil merasa cemas dan sedikit was-was. Terlebih buat mereka yang baru pertama kali melahirkan. Jika sedang dalam kondisi tersebut, sebaiknya lakukan perencanaan atau persiapan, baik itu persiapan mental anda, maupun persiapan peralatan dan lain-lainnya.

Nah buat anda yang saat ini sedang mempersiapkan kelahiran buah hati anda, berikut ini adalah beberapa persiapan yang sebaiknya anda lakukan agar proses melahirkan atau persalinan nanti bisa berjalan lancar dan aman.

1. Siapkan mental

Hal yang perlu anda siapkan saat menjelang persalinan adalah mental. Mental sangat dibutuhkan untuk mendorong anda tetap semangat dan prima saat sang buah hati akan datang. Selain itu, dengan mental yang kuat, rasa sakit ketika anda memutuskan untuk melahirkan normal akan berkurang. Stress serta depresi dapat anda kontrol sehingga proses persalinan nanti akan berjalan sesuai keinginan anda.

2. Lokasi tempat bersalin

Lokasi bersalin sangat menentukan nasib anda dan bayi anda. Jika anda memilih tempa bersalin yang minimnya fasilitas, kemungkinan anda akan mendapatkan layanan yang kurang prima. Pilihlah lokasi tempat bersalin yang aman, nyaman, dan memiliki bidan dan fasilitas bersalin yang terpercaya. Usahakan untuk tidak terlalu jauh dari rumah anda. Jika anda memutuskan untuk memilih lokasi bersalin yang jauh dari rumah anda, siapkan beberapa penanganan prima agar saat terjadi kontraksi dijalan dapat diatasi dengan tepat.

3. Transportasi

Transportasi adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk melakukan persalinan. Tanpa adanya transportasi, anda tidak akan segera sampai ke lokasi tempat bersalin yang akan anda tuju. Gunakan anlat transportasi yang aman, nyaman, dan cepat, yang dapat mengantarkan anda untuk pergi bersalin. Sebaiknya gunakan mobil agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada anda. Mintalah suami atau keluarga anda untuk segera menyiapkan mobil yang tersedia agar proses bersalin anda segera dilaksanakan.

4. Perlengkapan persalinan ibu dan bayi

Sebelum anda pergi untuk melakukan persalinan, alangkah baiknya anda menyiapkan barang-barang untuk persalinan sedini mungkin ketika usia kandungan anda sudah mencapai sembilan bulan. Pilihlah alat-alat yang sangat anda butuhkan dalam proses persalinan, salah satu contohnya yaitu pakaian dalam. Selain menyiapkan untuk diri anda sendiri, perlengkapan untuk si kecil juga harus disiapkan, contohnya yaitu baju bayi.

5. Pilihan cara melahirkan

Terdapat beberapa cara melahirkan yang dapat anda pilih. Anda dapat menyesuaikannya dengan kesehatan dan kondisi anda serta metode seperti apa yang anda inginkan.

  • Melahirkan normal

Untuk memilih melahirkan normal, anda haruslah menyiapkan mental, pengaturan pernafasan, dan pengetahuan tentang melahirkan normal. Jika anda telah memahami semua dan siap melakukannya, kelancaran akan mendampingi anda.

  • Melahirkan caesar

Jika anda memiliki beberapa alasan untuk melahirkan dengan metode ini seperti bayi yang ukurannya besar, anda memiliki serangan jantung, posisi bayi yang tidak memungkinkan untuk lahir normal, tidak adanya atau lambatnya kontraksi anda dapat melakukannya. Dengan cara pembiusan total pada seluruh tubuh dan pelaksanaan penyayatan pada bagian bawah perut hingga rahim.

Saat bayi sudah dikeluarkan, anda dapat dengan mudah menyambut bayi anda tanpa adanya rasa sakit yang anda rasakan. Namun biaya yang dibutuhkan untuk metode ini sangat besar sehingga lakukanlah metode yang lain jika anda tidak memiliki gangguan seperti yang telah disebutkan.

  • Water birth

Water birth adalah proses persalinan yang menggunakan metode air saat prosesnya. Pelaksanaannya dilakukan di kolam kecil yang berisikan air hangat guna mengurangi rasa sakit yang dialami oleh ibu. Anda akan merasakan kenyamanan karena dengan metode ini dapat mengurangi terjadinya kerobekan parah pada vagina dan dapat mengingkatkan aliran darah ke rahim.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat anda siapkan untuk persiapan persalinan anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *