Melahirkan Normal dan Caesar? Ini Tipsnya!

Salah satu proses yang paling ditunggu oleh wanita yang sedang hamil adalah proses persalinan. Walaupun moment tersebut moment yang sangat di tunggu, tetapi tak dapat di pungkiri setiap wanita yang mengalami akan merasa sedikit was-was.

Sebagian besar wanita pasti ingin proses melahirkannya bisa berjalan dengan lancar dan di lakukan dengan normal. Buat anda yang belum tahu, yang di maksud melahirkan normal ialah rangkaian yang dilalui oleh seorang ibu hamil dari awal tanda melahirkan hingga memasuki proses persalinan. Dari proses pembukaan pertama hingga proses pembukaan sepuluh dan kemudian berakhir dengan lahirnya janin dan plasenta secara normal melalui vagina.

namun terkadang ada juga, karena beberapa alasan khusus seorang bumil atau ibu hamil lebih memilih melakukan persalinan dengan jalan operasi atau caesar. Nah,  apapun yang terjadi pada anda, baik itu melahirkan secara normal ataupun secara caesar, sebaiknya simak tips-tips yang kami bagikan berikut ini.

Tips Melahirkan secara normal

Bagi anda yang dapat melahirkan secara normal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat melahirkan secara normal dengan lancar, antara lain adalah

  1. Selalu berpikiran positif dari awal masa kehamilan. Cobalah untuk selalu bersyukur dan berusaha tidak mengeluh dengan suka dan duka yang dialami semenjak masa kehamilan
  2. Usahakan untuk memeriksakan diri secara teratur pada bidan maupun dokter kandungan anda. Konsultasikan semua keluhan yang anda rasakan agar menghindari terjadinya resiko-resiko yang membahayakan anda maupun janin anda.
  3. Melakukan persiapan fisik seperti rutin melakukan senam ibu hamil, jalan pagi, yoga dan relaksasi ibu hamil, latihan pernapasan dan lainnya.
  4. Menjaga stamina tubuh anda dengan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk mengatur pola makan sehat anda dari awal masa kehamilan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang baik kalori, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral. Hindari makanan fast food, alkohol, rokok, dan lainnya.
  5. Melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat anda merasa tenang ketika akan memasuki masa persalinan. Anda dapat mencoba untuk mendengarkan music-musik lembut sehingga membuat anda menjadi lebih rileks.
  6. Memenuhi kebutuhan makan dan minum yang cukup selama proses persalinan akan datang. Hal ini akan berpengaruh pada stamina anda ketika proses persalinan normal. Anda dapat menyiapkan makanan ringan dan minuman manis yang dapat anda nikmati di sela-sela waktu proses kontraksi.
  7. Jangan menahan untuk membuang air kecil selama proses persalinan akan datang. Kondisi kantung kemih yang penuh ketika masa persalinan akan membuat proses turunnya kepala bayi ke dasar panggul terhambat.
  8. Bila masih ada waktu dan anda masih kuat, cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar ruang persalinan agar membantu kelancaran proses kelahiran janin anda.

Tips Melahirkan secara operasi/caesar

Namun bagi anda yang belum beruntung untuk melahirkan secara normal, anda dapat melakukan persalinan dengan operasi. Operasi yang dimaksud disini adalah mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut ibu bukan melalui vagina. Beberapa tips yang dapat membantu bagi anda yang melahirkan secara Caesar adalah:

Hindari untuk beraktivitas yang berat seperti naik sepeda, lari, aerobic, dan olahraga berat lainnya selama 6 minggu sebelum proses persalinan.

1. Usahakan untuk beristirahat yang cukup. Ketika anda merasa lelah cobalah untuk langsung beristirahat.

2. Jangan mencoba untuk mengangkat barang yang lebih berat dari bayi anda.

3. Ketika selesai masa operasi Caesar, ada beberapa hal yang mungkin harus anda perhatikan, antara lain adalah:

  • Ketika selesai melakukan operasi biasanya anda akan kesakitan saat akan berjalan. Meskipun begitu cobalah untuk berjalan sedikit demi sedikit. Hal ini dapat melancarkan aliran darah dan mencegah sembelit.
  • Bila anda batuk ataupun akan mengambil napas dalam, cobalah untuk menaruh bantal pada luka sayatan bekas operasi untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Bersihkan luka bekas operasi anda menggunakan air hangat dan sabun. Hindari produk pembersih seperti hydrogen peroksida yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Setelah itu keringkan luka dan balut dengan menggunakan kain kasa jika luka sekiranya bergesakan dengan pakaian. Jangan lupa untuk mengganti kain kasa setiap hari.

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika melakukan persalinan baik itu secara normal maupun operasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *