Mencegah Bayi Lahir dalam Kondisi Meninggal Setelah Dilahirkan

Meninggalnya janin di dalam kandungan merupakan hal yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Berbeda dengan keguguran yang umumnya terjadi pada trisemester pertama, kematian janin dapat terjadi pada kehamilan trisemester kedua. Meski demikian, ibu hamil tidak perlu cemas secara berlebihan karena ditakutkan hal tersebut justru akan memperburuk keadaan serta malah dapat mengganggu perkembangan bayi di dalam rahim.

Nah untuk itu sebaiknya lakukan langkah pencegahan sejak dini, guna menghindari kematian janin di dalam rahim, dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1.Lakukan istirahat secara cukup

Melakukan istrahat secara cukup merupakan langkah tepat dalam menjaga kondisi janin tetap sehat dan berkembang dengan baik. Hindari pekerjaan yang melelahkan dan mulai perhatikan waktu istirahat ibu dengan baik.

Jikapun ibu memiliki pekerjaan di kantor, ada baiknya ibu menginformasikan pada atasan serta rekan kerja agar tidak memberi pekerjaan yang membebani. Bagi ibu yang bekerja di depan komputer, ada baiknya menggunakan kursi dengan ketinggian yang bisa diatur dan dengan sandaran yang mendukung punggung bagian bawah.

2.Jaga sistem imunitas dalam tubuh

Menjaga sistem imun dalam tubuh menjadi salah satu prioritas yang harus ibu hamil lakukan. Lakukan pola hidup sehat agar sistem imun ibu lebih terjaga.

Jauhi tempat atau asupan yang beresiko mengandung virus, bakteri ataupun jamur di dalamnya. Periksa juga bahan makanan yang akan disantap agar lebih terjamin kebersihannya. Untuk menghindari gangguan infeksi, ibu hamil juga bisa melakukan imunisasi.

3. Pemeriksaan kesehatan sebelum masuk masa kehamilan

Pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki masa kehamilan, merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pemeriksaan sebelum kehamilan sendiri, dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan pada ibu maupun bayinya.

Pemeriksaan kesehatan bisa dimulai dari mengecek gangguan hipertensi, preeklampsia dan lain- lain. Bagi ibu yang mengalami preeklampsia, ada baiknya mengurangi jenis makanan dengan kandungan garam yang tinggi, hindari stres yang berlebih dan lebih memperhatikan pola asupan ibu sehari-hari.

4.Pemeriksaan rutin pada janin

Selain pemeriksaan sebelum kehamilan, ibu juga wajib memeriksakan kesehatan selama masa kehamilan. Terlebih bagi ibu yang sempat mengalami pengalaman buruk seperti kematian janin dalam rahim, ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari kematian bayi tersebut.

Pemeriksaan dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan ibu pada kehamilan yang berikutnya. Beberapa penyebab kematian bayi dalam rahim, diantaranya adalah kelainan bawaan seperti janin yang hiperaktif dalam kandungan hingga ketidakcocokan darah antara ibu dan janin.

5.Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Dua kebiasaan ini nyatanya mampu meningkatkan resiko gangguan kesehatan pada bayi di dalam janin.

Bukan hanya itu, merokok dan konsumsi alkohol juga berakibat pada rendahnya berat badan bayi, bayi terlahir cacat mental, pendarahan saat kehamilan hingga kematian bayi di dalam rahim.

Kebiasaan merokok bukan hanya buruk bagi bayi melainkan juga buruk bagi kondisi ibu. Merokok dapat memicu pendarahan, ketuban pecah dini hingga berubahnya tali pusar.

Menjaga kesehatan ibu saat hamil merupakan hal yang penting dilakukan mengingat kesehatan ibu berkaitan erat dengan kesehatan janinnya. Konsumsi beragam makanan sehat bagi kehamilan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan berkarbohidrat, susu serta produk turunnya, kudapan sehat, dan suplemen.

Batasi konsumsi makanan yang kurang sehat seperti jenis makanan mentah, makanan yang mengandung zat adiktif, makanan berMSG, makanan yang kurang higienis dan lain sebagainya. Untuk jenis minuman, beberapa minuman yang harus dihindari bumil adalah minuman berakohol serta minuman dengan kandungan kafein lebih dari dua ratus miligram di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *