Perkembangan Bayi di dalam Kandungan, Mulai dari Usia 2 Minggu Hingga 9 Bulan

Tahap perkembangan janin dalam kandungan tentunya menjadi hal yang sangat ingin diketahui oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan agar dapat memastikan bila kondisi janin didalam kandungan dalam kondisi yang sehat tanpa mengalami kelainan apapun. Bagi anda yang memiliki budget lebih mungkin anda dapat melakukan pemeriksaan dengan USD tiap bulannya di dokter-dokter kandungan.

Namun tentunya bagi anda yang tidak memiliki budget berlebih mungkin tidak dapat terlalu sering melakukan USG dikarenakan biaya USG yang sedikit mahal. Bagi anda yang ingin mengetahui perkembangan janin didalam kandungan anda namun tidak bisa terlalu sering melakukan USG, anda dapat melihat gambaran tentang perkembangan janin di dalam kandungan mulai dari usia 2 minggu hingga 9 bulan, berikut ini.

Perkembangan janin usia 2 minggu

Pembuahan biasanya terjadi pada dua minggu setelah masa periode awal menstruasi. Meskipun begitu, periode 2 minggu selama dan sesudah menstruasi tetap dihitung sebagai masa kehamilan. Sehingga dokter akan menghitung perkiraan proses kelahiran bedasarkan hari pertama menstruasi berakhir meskipun dalam kondisi tersebut anda belum benar-benar hamil.

Penyatuan sperma dan telur akan membentuk zygot yang menjadi awal dari embrio. Kromosom dalam zigot ini akan menentukan kelamin, warna mata dan rambut serta figure dari janin. Setelah terjadinya pembuahan, zigot akan bergerak menuju rahim dan akan menempelkan diri ke dinding rahim (implantasi). Biasanya hal ini terjadi pada hari ke7 atau ke 9 proses kehamilan. Pada saat ini plasenta sudah mulai terbentuk didalam rahim.

Perkembangan janin usia 3 minggu

Pada saat usia kehamilan mencapai 3 minggu, embrio yang menempel di dinding rahim ini resmi menjadi sebuah janin yang sudah memiliki otak, tulang belakang, dan organ-organ yang terus akan berkembang.

Sebelum masa trimester pertama berakhir, jantung dan sistem pendarahan pada janin mulai berkembangn dengan cepat. Meskipun anda belum dapat mendengar nya, namun dokter dapat melihat tanda detak jantung tersebut melalui USG. Setelah sistem peredaran daran sudah berkembang dengan sempurna, maka jantung akan mulai berdetak dan organ pertama dalam janin akan mulai bekerja.

Perkembangan janin usia 1 bulan

Ketika mulai menginjak usia 1 bulan maka sudah mulai terbentuknya kantung kehamilan yang memiliki fungsi untuk melindungi janin didalam kandungan anda dari air ketuban. Plasenta juga mulai terbentuk dengan sempurna. Fungsi dari plasenta adalah sebagai saluran makanan dan nutrisi dari tubuh ibu ke janin didalam kandungan. Karena sudah mulai terjadi sirkulasi darah dalam janin, maka sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk ibu dan janin didalam kandungan.

Perkembangan janin usia 6 minggu

Ketika memasuki usia 6 minggu, janin dalam kandungan anda biasanya sudah berukuran 0,8 inci dan pembuluh syaraf otak serta punggungnya hampir menutup. Figur wajah bayi sudah akan mulai terbentuk termasuk bagian mulut dan telinga.

Selain itu, jaringan tulang rusak dan otot juga sudah mulai berkembang dan mulai muncul bagian tangan dan kaki bayi. Meskipun begitu, pada usia ini tengkorak janin belum solid namun semua pembuluh dan saluran yang berfungsi mengedarkan cairan sumsum tulang belakang sudah mulai terbentuk.

Perkembangan janin usia 2 bulan (8 minggu)

Pada tahap ini biasanya bagian telinga janin mulai terlihat seperti lipatan pada bagian kanan dan kiri kepala. Sistem syaraf pusat , tulang belakang, dan saluran pencernaan sudah terbentuk pada usia kehamilan ini. Jari tangan dan kaki muali terlihat meskipun masih menyatu satu sama lainnya. Bahkan bagian tulang sendi, bibir, hidung dan kelopak mata terlihat semakin nyata.

Perkembangan janin usia 9 minggu

pada usia 9 minggu, janin dalam rahim hampir berukuran 1 inci. Ekor yang ada pada janin mulai menyusut dan dengan cepat membentuk organ reproduksi dan kantung rambut. Organ-organ yang berkembang pada usia ini adalah pankreas dan gallbladder.

Perkembangan janin usia 3 bulan (12 minggu)

Mendekati berakhirnya trimester pertama, perkembangan bayi sudah terbentuk sempurna pada semua bagian tubuhnya. Tangan sudah mulai dapat mengepal dan kuku-kuku nya juga sudah mulai tumbuh. Walaupun belum terlihat jelas, namun jenis kelamin bayi sudah mulai terbentuk pada saat usia 3 bulan. Bagian tubuh lainnya pun sudah mulai berkembang pesat seperti sistem kemih. Organ hati juga sudah mulai memproduksi empedu.

Perkembangan janin usia 4 bulan

Dalam usia ini, janin dalam kandungan sudah semakin lengkap dan sempurna. bagian tubuh seperti kaki, tangan, jari ,dan wajah sudah dapat terlihat dengan jelas. Oleh sebab itu seringkali disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG pada usia kandungan mencapai 4 bulan. Anda juga sudah mulai dapat mendengar detak jantung janin didalam kandungan anda melalui USG. Bayi pun sudah dapat mulai melakukan beberapa gerakan seperti menguap, mengisap jari, dan lain-lainnya.

Perkembangan janin usia 5 bulan

Pada usia kandungan 5 bulan, gerakan janin didalam kandungan akan semakin aktif untuk melatih otot-ototnya. Pada usia ini pula, kepala, kaki, dan tangan janin mulai ditumbuhi rambut-rambut halus. Seluruh kulit janin akan mulai tertutupi lapisan putih yang berfungsi mencegah bayi dari air ketuban ketikan proses persalinan nanti.

Pada usia ini, berat janin mencapai sekitar 300 gram dengan panjang hampir 14-16 cm dan tumbuh secara linier. Selain itu, proses penyempurnaan paru-paru dna sistem pernapasan sudah mulai menuju ke bentuk sempurna.

Perkembangan janin usia 6 bulan

Pada tahap ini, keriput pada kulit bayi sudah mulai terbentuk. Pembuluh-pembuluh darah juga masih dapat terlihat karena kulit janin yang masih sangat tipis , terutama pada bagian perut janin.

Gerakan janin pun juga bertambah seperti membuka dan menutup kelopak mata bahkan juga dapat mendengarkan suara-suara dari luar. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk sering memperdengarkan music-musik klasik pada janin dengan menggunakan earphone agar merangsang kecerdasan janin mulai dari dalam kandungan.

Perkembangan janin usia 7 bulan

Janin dalam kandungan sudah mulai merespon suara-suara yang berasal dari luar. Bahkan janin juga sudah dapat merasakan adanya cahaya. Pada usia janin 7 bulan, perkembangannya sudah sangat pesat, bahkan bayi dapat berganti ganti posisi. Selain itu, janin didalam kandungan juga sudah mulai menyimpan lemak.

Perkembangan janin usia 8 bulan

Pada saat mencapai usia kandungan 8 bulan, cadangan lemak dalam kulit janin semakin bertambah banyak sehingga keriput pada bayi sudah tidak terlihat lagi. Indera pendengaran dan penglihatan juga sudah berfungsi semakin baik begitupun dengan sisitem dalam tubuhnya kecuali organ paru-paru. Bahkan anda juga sudah dapat merasakan tendangan-tendangan janin didalam kandungan anda.

Perkembangan janin usia 9 bulan

Mendekati proses kelahiran, organ paru-paru sudah dapat berfungsi dengan baik. Posisi janin juga akan berputar dengan kepala berada dibawah menghadap jalan lahir. Pada tahap ini, anda akan mulai merasakan tanda-tanda kehamilan seperti kontraksi dan nyeri di beberapa bagian tubuh

Nah itu di atas penjelasan mengenai perkembangan janin mulai dari usia 2 minggu hingga mencapai 9 bulan. Semoga informasi di atas dapat membantu bagi ibu-ibu hamil dalam memantau proses perkembangan bayi di dalam rahim dan memperhatikan cara menjaga dan merawat kesehatan bayi selama masih dalam kandungan dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *