Tips Alami Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Cepat dan Aman

Sebagai orangtua pastinya kita tak tega jika melihat buah hati kita mengalami batuk. Terlebih jika batuknya tersebut di barengi dengan panas atau demam. Jika anda mengalami hal tersebut jangan terlalu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara alami untuk meredakan keluhan batuk dan demam buah hati anda.

1. Bunga blimbing wuluh dan gula batu

Bila anda kebingungan untuk mencari obat batuk untuk si kecil yang tak kunjung sembuh namun anda takut dengan banyaknya resiko dari obat kimia, anda perlu mencoba ramuan dari bunga blimbing wuluh dan gula batu. Ambil beberapa bunga blimbing wuluh, rebus dengan air hingga mendidih.

Campurkan rebusan air bunga blimbing wuluh dengan gula batu agar menciptakan rasa yang enak sehingga disukai oleh buah hati anda namun tidak semakin membuatnya batuk. Berikan racikan tersbut secara berkala hingga batuk si kecil sembuh.

2. Jeruk nipis dan madu

Untuk anak anda yang berusia diatas satu tahun, anda dapat mencoba racikan antara jeruk nipis dan madu. Cukup siapkan jeruk nipis dan madu, peras jeruk nipis hingga keluar airnya, campurkan ke dalam air hangat beserta madu. Anda dapat dengan mudah menemukan jeruk nipis di pasar tradisonal maupun supermarket. Selain itu, lakukan pemberian minuman hangat ini sebelum buah hati anda beranjak tidur. Larutan jeruk nipis dan madu dapat diminum beberapa kali hingga batuk si kecil menghilang.

3. Minyak telon dan bawang merah

Selain cara dari dalam, anda dapat menyembuhkan batuk si kecil dari luar. Siapkan minyak telon untuk anak dan bawang merah yang sudah di potong bagian bawahnya. Usapkan perlahan bawang merah dan minyak telon secara bersamaan pada bagian punggung atas dan dada si kecil. Jangan menggosokan bawang merah terlalu keras, karena tekstur bawang merah yang kasar dapat melukai kulit buah hati anda.

Lakukan hal tersebut sebelum buah hati anda beranjak tidur. Dengan pemberian bawang merah dan minyak telon, tubuh si kecil akan merasa hangat dan mengurangi rasa batuknya. Bila anda tidak memiliki minyak telon, anda dapat menggantinya dengan minyak yang lain sesuai aturan yang tertera pada kemasan.

4. Kunyit

Selain digunakan untuk memasak, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada orang dewasa dan juga anak. Bagi anda yang memiliki buah hati menyusu, anda dapat mengoleskan bubuk kunyit pada payudara anda, sehingga ketika si kecil akan menyusu bubuk kunyit juga akan ikut tertelan. Hal itu dapat membantunya mengurangi batuk yang dideritanya.

Selain itu, jika si kecil sudah bisa minum susu sendiri, anda dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susunya. Berikan campuran kunyit dan susu dua kali sehari supaya batuk yang dimilikinya segera sembuh. Perlu diketahui pula, kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada si kecil dan mengurangi inflamasi.

5. Kencur

Manfaat dari kencur selain untuk kecantikan kulit bagi orang dewasa juga dapat membantu mengurangi batuk pada si kecil. Caranya, siapkan beberapa ruas kencur, kupas dan bersihkan kencur hingga bersih. Parut kencur hingga halus, campurkan dua sendok air hangat pada parutan kencur, kemudian saring larutan kencur agar terhindar dari ampasnya. Campurkan dengan madu ketika akan diberikan pada si kecil. Lakukan pemberian ramuan tersebut dua kali sekali hingga batuk si kecil reda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengobati batuk si kecil dengan cara alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *