Tips Ampuh Agar Melahirkan Normal dan Tidak Terlalu Sakit

ika kandungan anda memasuki bulan ke 9, tentunya anda harus lebih ekstra dan lebih hati-hati lagi untuk menjaganya. Bagaimanapun, meski sebelumnya sudah pernah melahirkan, sangat manusiawi bila terbesit rasa was-was saat hari H kelahiran buah hati anda. Setiap orang yang hamil pastinya menginginkan saat proses melahirkannya bisa mudah dan normal.

Untuk itu, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini,agar saat melahirkan nanti anda dapat di permudah, prosesnya cepat dan tidak terlalu sakit.

1. Berdoa

Hal yang paling ampuh dan mujarab adalah dengan berdoa. Jika anda melaksanakan persalinan dengan diawali dengan doa, Inshaallah persalinan anda akan berjalan dengan baik dan mengurangi rasa sakit anda, karena anda percaya bahwa akan dilindungi dan di ridhoi oleh Tuhan yang Maha Esa.

2. Pijat Punggung Belakang Anda

Bila anda sudah merasakan kontraksi pada rahim anda, segera mintalah suami atau keluarga anda untuk memijat perlahan bagian punggung belakang anda. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar aliran darah serta membentuk posisi tulang anda sehingga tidak membengkok, yang menyebabkan kepala bayi tidak berada pada posisi yang benar.

Selain itu, anda juga dapat meminta bantuan untuk meletakkan kain atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat dan mengkompresnya di bagian punggung belakang anda. Hal ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat kontraksi.

3. Berjalan-jalan Kecil

Lakukan relaksasi sebelum proses persalinan berlangsung. Berjalan-jalan kecil dapat anda lakukan ketika proses kontraksi belum memuncak. Lakukan hal tersebut di sekitar kamar tidur rumah bersalin. Selain dapat membantu melancarkan persalinan, berjalan-jalan kecil dapat menekan rasa kekhawatiran dan stress anda, sehingga anda lebih santai dan rileks saat menghadapi persalinan.

4. Atur Pernafasan dengan Baik

Saat melahirkan, seorang ibu sangat membutuhkan banyak energi untuk mendorong sang buah hati keluar dari rahim. Energi yang diperlukan oleh anda berasal dari pengaturan nafas yang anda gunakan. Atur nafas anda sebaik dan sebenar mungkin agar pasokan oksigen dapat mengalir dengan normal dan membantu anda untuk mengeluarkan energi.

5. Pelajarilah Cara Melahirkan yang Benar

Sebelum anda melaksanakan persalinan, ada baiknya jika anda membaca buku tentang bagaimana cara melahirkan yang baik dan benar. Dengan bertambahnya wawasan anda mengenai cara persalinan yang benar, mental anda akan kuat saat menghadapinya. Jika anda memahami betul tentang teknik bersalin yang benar, anda tidak akan merasakan rasa sakit yang berlebih dan tidak akan kapok untuk memiliki anak lagi.

6. Menyanyi atau Bercerita

Mengalihkan perhatian dengan menyanyi atau mengobrol dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi kontraksi. Ajak suami atau keluarga anda mengobrol, bernyanyi atau mungkin bercerita. Hal tersebut dapat mengalihkan rasa sakit anda saat mengalami kontraksi yang sedang berlangsung.

7. Jangan Panik dan Stress

Saat persalinan berlangsung jangan timbul rasa panik atau stress pada diri anda. Hal yang membuat anda merasa kesakitan yaitu karena anda terlalu panik memikirkan betapa sakitnya melakukan persalinan. Rilekskan diri anda dan yakinkan bahwa anda pasti bisa melaksanakan persalinan tanpa adanya rasa sakit yang berlebihan. Dengan demikian, proses persalinan yang anda jalankan akan berjalan lancar.

8. Mintalah Dukungan Keluarga dan Suami

Dukungan dari keluarga khususnya suami, dapat mengurangi rasa sakit yang sedang anda rasakan. Mintalah dukungan pada suami anda agar anda menjadi semangat dan bahagia saat melaksanakan persalinan. Mintalah pelukan kepada suami anda dan keluarga anda agar menimbulkan rasa rileks yang berkepanjangan.

9. Fokus

Dalam melakukan persalinan, pusatkan semua perhatian anda pada kelahiran si kecil. Fokuskan pikiran anda agar rasa sakit yang anda rasakan berkurang. Yakinlah bahwa anda bisa mengeluarkan si kecil ke dunia dengan selamat.

Itulah ke 9 tips yang dapat anda aplikasikan untuk memperlancar proses melahirkan anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *