Tips Mengurangi Mual dan Muntah Pada Masa Mengidam

Bagi wanita yang sedang mengalami masa kehamilan tentunya sudah tidak asing dengan ngidam. Masa mengidam biasanya ditandai dengan mual, muntah, pusingĀ  pada saat masa awal kehamilan. Biasanya masa ngidam terjadi pada usia kehamilan 1-4 bulan. Bahkan hampir sekitar 50-70 % wanita yang hamil akan mengalami masa-masa tersebut.

Tentunya hal ini bagi sebagian orang bisa saja sedikit merepotkan. Tidak ada obat aapapun yang dapat mengatasi masalah ngidam pada saat kehamilan. Namun ada beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan guna menghadapi masalah ngidam tersebut.

1. Cobalah untuk makan sedikit namun sering

Ketika anda mulai mengalami masa mengidam, kadang nafsu makan anda akan berkurang dan rasanya tidak ingin makan apapun. Namun anda juga perlu ingat bahwa makan merupakan hal terpenting untuk tubuh anda agar anda beserta janin didalam kandungan anda mendapatkan nutrisi dan vitamin untuk menjaga agar tetap dalam kondisi yang sehat.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menngatasinya dengan cara makan dengan porsi yang sedikit namun sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga agar perut tidak pernah dalam kondisi kosong. Anda juga dapat mencoba untuk makan lebih lambat dari sebelumnya agar menghindari dari kelebihan makanan yang dapat membuat mual dan muntah.

2. Rutin minum air putih

Sangat penting bagi anda yang sedang hamil untuk rutin minum air putih. Hal ini agar menghindari dehidrasi yang dapat mengakibatkan rasa mual dan ingin muntah. Usahakan untuk minum 6-8 gelas setiap harinya. Namun bila anda terlalu sering mengalami mual dan muntah, anda dapat mengganti air dengan minuman olahrga yang memiliki kandungan glukosa, garam untuk menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang.

Anda juga dapat mencoba minuman dingin yang masam seperti lemon agar dapat meredakan rasa mual pada diri anda. meskipun begitu, hindari terlalu banyak minum karena cairan yang terlalu banyak didalam tubuh akan memberikan rasa kenyang yang palsu sehingga anda tidak akan merasa lapar sepanjang hari dan tentunya hal tersebut akan membuat anda tidak ingin makan.

3. Hindari makanan dengan aroma yang kuat

Ketika masa kehamilan, biasanya indra penciuman anda akan lebih sensiti dari sebelumnya. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari makanan-makanan yang memiliki aroma kuat agar tidak menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.

Namun jika sulit untuk menghindar, anda dapat menyimpan ekstrak atau wewangian alami seperti mint. Sehingga pada saat anda mulai mencium bau makanan yang dirasa tidak enak, anda dapat mencium bebauan tersebut untuk mengatasi rasa mual.

4. Jangan berbaring setelah makan

Tips untuk mengatasi masa ngidam lainnya adalah usahakan untuk tidak berbaring setelah makan. Apabila anda ingin berbaring, minimal 30 menit setelah anda makan. Hal ini dikarenakan posisi horizontal akan dapat mengganggu pencernaan yang dapat menyebabkan rasa mual.

5. Perbanyak istirahat

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi masa-masa mengidam adalah dengan banyak istirahat. Cobalah untuk berbaring beberapa saat dan tarik napas dalam-dalam. Beberapa wanita hamil berpendapat bahwa tidur dapat mengatasi masalah mual dan muntah secara ampuh.

6. Menikmati udara segar

Anda pun dapat mencoba keluar dari ruangan dan mencari udara segar serta olahraga ringan untuk mengatasi masalah ngidam anda. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan keluarkan lewat mulut. Carilah udara bersih di daerah-daerah seperti pedesaan, tepi laut, atau taman dekat rumah anda.

Nah itu tadi beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ngidam anda. Bila masa mengidam anda tak kunjung mengalami perubahan, anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat anti mual untuk mengatasi gejala-gejala ngidam anda. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *