Tips Menjaga Motivasi Keluarga Agar Tercipta Hidup yang Harmonis

Hampir semua orang, jika ditanya tentang apa yang paling penting dalam hidupnya, maka tentunya kebanyakan dari mereka akan menjawab : keluarga. Iya, keluarga adalah tempat pertama kita mengenal dan mengawali kehidupan di dunia. Ada juga yang mengatakan kalau keluarga adalah tempat tinggal landas bagi seorang manusia. Maka dari itu, apabila kondisi keluarga baik, maka kemungkinan besar kehidupan masing-masing anggota keluarga tersebut juga ikut baik.

Oleh sebab itu, kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga harus tetap dijaga demi kebaikan bersama. Salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga ini adalah dengan menjaga motivasi positif antar anggota keluarga.

Berbicara mengenai cara memotivasi anggota keluarga agar selalu menjaga diri dan selalu berpikiran positif, maka beberapa tips yang di ulas di bawah ini, kemungkina bisa di jadikan sebuah referensi.

1. Intens melakukan komunikasi

Komunikasi yang lancar adalah kunci sukses keharmonisan sebuah rumah tangga. Dengan sering melakukan komunikasi, setiap anggota keluarga bisa saling mengerti satu sama lain. Lebih dari itu komunikasi yang lancar juga menumbuhkan kasih sayang, rasa simpati, dan keterikatan yang semakin erat antar anggota keluarga.

Oleh sebab itu, sesibuk apa pun anda, luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga baik itu anak atau pasangan.

2. Terus beri dukungan

Seperti yang kita tahu, keluarga adalah orang – orang paling penting dalam hidup. Ketika tidak ada lagi orang yang mendukung langkah kita, keluarga lah yang akan menguatkan sekaligus memberi dukungan untuk mewujudkan tujuan positif kita.

Oleh sebab itu, setiap anggota keluarga wajib memberi dukungan pada anggota keluarga yang lain jika memiliki rencana atau tujuan yang positif. Hal ini umumnya menyangkut anak. Biasanya anak yang memiliki mimpi besar sangat membutuhkan dukungan dari orang tua dan saudara – saudaranya.

Bentuk dukungan juga bisa bermacam – macam. Jika tak mampu membantu dalam bentuk materi, cukup beri motivasi, beri keyakinan, dan tentunya doakan agar setiap tujuan dan mimpinya tercapai.

3. Jangan terlalu diskriminatif

Perilaku diskriminasi dalam suatu keluarga dapat merusak keharmonisan dan motivasi anggota keluarga. Contoh, saat anak mendapatkan nilai jelek, jangan langsung memvonis anak itu bodoh. Sebaiknya beri semangat dan motivasi agar mampu meningkatkan prestasinya. Dengan begini seorang anak bisa lebih semangat dan tentunya meningkatkan kepercayaan kepada orang tuanya.

4. Beri arahan jangan larangan

Terutama untuk orang tua. Orang tua memiliki kewajiban untuk mengarahkan anaknya ke jalan yang benar. Dalam hal ini, sebaiknya jangan melarang seorang anak untuk tidak melakukan sesuatu karena sebuah larangan bisa memunculkan rasa penasaran berlebih atau bahkan bisa menurunkan motivasi sang anak.

Sebisa mungkin beri pengarahan baik pada anak. Anda harus cermat mengatur kata – kata agar tidak terkesan melarang, tapi mengarahkan. Dengan begini anak akan lebih merasa dihargai haknya dan tetap memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu yang positif.

5. Jangan membesarkan masalah yang kecil

Pasangan dan anak adalah manusia yang memiliki perasaan. Mereka juga bisa sakit hati jika kita berlaku kasar baik secara fisik maupun psikis. Apalagi yang dipermasalahkan hanyalah hal yang sepele seperti lupa menaruh barang, tidak tidur tepat waktu, atau terlambat pulang.

Untuk hal ini, ada baiknya anda membicarakannya baik – baik. Masalah kecil tidak perlu dibesar – besarkan karena dapat menurunkan motivasi pada seseorang atau keluarga. Terutama jika anda memiliki anak remaja. Anak seperti ini memiliki perasaan yang sensitif dan tidak stabil. Sedikit kesalahan saja dapat membuat hubungan anda dan mereka menjadi renggang.

6. Saling menghargai dan memahami masing – masing peran

Saling menghargai juga menjadi kunci untuk menjaga motivasi dalam keluarga tetap bagus. Selain itu setiap anggota keluarga juga harus memahami peran masing – masing. Jika anda seorang istri, sudah sepatutnya melayani suami dengan baik dan mendidik anak dengan maksimal. Begitu pula bagi suami dan anak.

7. Selalu bersyukur

Hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah dengan cara bersyukur. Dengan bersyukur, kehidupan keluarga anda akan tenang dan tentram. Ingatlah, di luar sana banyak orang kurang beruntung yang tidak bisa merasakan hangatnya keluarga seperti yang anda rasakan saat ini.

Itu dia 7 cara yang sebaiknya di lakukan untuk menjaga motivasi keluarga agar tetap harmonis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *