Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

Bagi Anda yang baru saja merasakan menjadi seorang ibu, merawat bayi yang baru lahir tentunya bukan kegiatan yang mudah. Pasti akan memunculkan banyak pertanyaan terkait bagaimana cara terbaik memperlakukan si kecil. Nah, oleh karena itu berikut ini kami bagikan tips – tips dalam merawat bayi baru lahir untuk para bunda semua, khususnya buat bunda yang belum punya pengalaman sebelumnya.

1. Merawat tali pusar bayi

Dalam jangka waktu empat hari, tali pusar bayi akan lepas dengan sendirinya. Tapi, dalam kondisi tertentu, tali pusar bisa jadi akan lepas dalam waktu yang lama, bahkan 2 mingguan lebih.

Dalam proses menunggu terlepasnya tali pusar, seorang ibu harus mengetahui bagaimana cara dalam merawat kebersihan tali pusar agar terhindar dari resiko terkena infeksi. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk Anda para ibu baru :

  • Agar tali pusar terhindar dari jamur dan infeksi, pastikan bahwa tali pusar serta area yang ada sekitarnya, selalu bersih dan kering. Sebab, kondisi yang lembab merupakan sarana tumbuhnya bakteri dan jamur.
  • Pastikan tali pusar bayi Anda terhindar dari air kencingnya dan kotorannya agar tetap bersih.
  • Berikan treatment untuk membersihkan tali pusat dengan cara mensterilkan tali pusat menggunakan kasa yang telah dibasahi dengan alkohol kadar 70% dari pangkal hingga ke ujungnya. Lalu bungkus tali pusarnya dengan rapi menggunakan kasa yang sudah dibasahi alkohol. Lakukan perawatan tersebut sampai tali pusar kering dan lepas.

 

2. Merawat Kulit Bayi

Hal terpenting yang harus ibu lakukan dalam merawat bayi yang baru lahir adalah kesehatan kulit bayi, karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan rentan. Agar kulit bayi Anda tetap halus, kelembapannya terjaga, serta terhindar dari kulit kering atau biang keringat, maka cobalah untuk menerapkan tips – tips berikut ini :

  • Usahakan untuk memandikan bayi minimal sekali dalam sehari. Bayi yang baru lahir, masih belum memiliki ketahanan terhadap dingin, sehingga untuk memandikannya, Anda bisa mengusap kulit bayi menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sabun bayi.
  • Tentunya dalam memilih sabun bayi yang digunakan tidak boleh sembarangan. Usahakan untuk menggunakan sabun yang mengandung pro-vitamin B5. Fungsinya adalah untuk menjaga agar kulit bayi tetap sehat, halus dan nyaman.
  1. Setelah dikeringkan, usapkan baby oil ke seluruh permukaan kulit bayi. Karena, kandungan di dalam baby oil adalah vitamin E yang bisa menjaga agar kulit bayi tetap lembab sehingga aman dari lecet. Usahakan untuk tidak melewatkan setiap bagian tubuh bayi, termasuk area lipatan. Karena area lipatan kulit bayi, seringkali mengalami biang keringat dan gatal – gatal karena iritasi.
  • Karena kulit bayi sangat sensitif, sehingga seringkali meunculkan biang keringat yang membuat bayi tidak nyaman. Untuk mengurangi atau mencegah munculnya biang keringat, Anda bisa mengatur suhu kamar Anda. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa sirkulasi udara di rumah Anda sudah baik dan layak.

3. Menerapkan ASI Eksklusif

ASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan nutrisi yang terbaik dan sangat penting bagi bayi baru lahir. Kandungan di dalam ASI sangat bagus untuk perkembangan daya tahan tubuh bayi  karena mengandung zat colostrum dan nutrisi penting lainnya. Sehingga, usahakan untuk memberikan ASI ekskusif pada bayi Anda.

Begitulah beberapa tips merawat bayi yang baru lahir bagi Anda yang baru saja menjadi seorang ibu. Yang terpenting adalah tidak perlu khawatir yang berlebihan, tapi tetap waspada. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *