Tips Perawatan Bayi dibawah 1 tahun

Bagi Ibu yang baru pertama kali melahirkan, merawat bayi berusia di bawah 1 tahun merupakan hal yang tidak terbilang mudah. Pasalnya, masa tersebut adalah masa paling rentan bagi si bayi. Perawatan bayi di masa ini akan menentukan kesehatan bayi untuk kedepannya. Untuk itu, kami akan memberikan tips perawatan bayi di bawah 1 tahun untuk Anda agar lebih mudah dalam merawat si kecil.

1. Pakaian hangat

Tips ini khususnya bila cuaca sedang musim dingin atau hujan. Berbeda dengan orang dewasa, bayi membutuhkan perawatan ekstra bila kondisi suhu sedang dingin. Salah satunya dengan memakaikan beberapa lapis pakaian. Cobalah untuk memeriksa suhu ruangan lalu sesuaikan dengan pakaian yang dikenakan si bayi. Pastikan agar bayi selalu dalam keadaan hangat. Bila perlu, Anda dapat memasangkan kaus kaki dan sarung tangan pada si kecil.

2. Air mandi suam-suam kuku

Selain pakaian yang hangat, yang perlu diperhatikan saat kondisi sedang dingin adalah air untuk mandi bayi. Kondisi cuaca yang dingin membuat bayi cenderung mengalami gatal. Penyebabnya adalah keringnya kulit bayi akibat suhu yang rendah. Untuk mengatasinya, jangan rendam bayi dalam air hangat dalam waktu yang terlalu lama. Jangan pula menggunakan air yang panas. Selain itu, hindari menggunakan sabun pada si bayi.

3. Perhatikan kondisi sekitar

Bayi yang berusia kurang dari 1 tahun memiliki kepekaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Penglihatan yang dimiliki si bayi sudah mulai membaik, sehingga dia bukan sekedar melihat tapi melihat lebih apa yang terjadi di sekililingnya. Karena itulah bayi di bawah 1 tahun sangat suka dengan mainan berwarna-warni. Si bayi bisa terus memainkan mainan warna-warninya hingga lupa keadaan sekitar. Untuk itu perlu memberikan mainan warna-warna yang aman kepada si kecil.

Selain itu, bayi di bawah 1 tahun juga sudah bisa terkejut jika mendengar suara keras secara tiba-tiba. Contohnya seperti suara teriakan, klakson kendaraan bermotor, suara dari mainan dan selainnya. Maka Anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar si bayi. Jangan sampai si bayi terkaget karena suara keras yang muncul tiba-tiba.

4. Berhati-hati dalam memperlakukan anggota tubuh bayi

Pembentukan anggota tubuh pada masa awal bayi belum terjadi secara sempurna. Otot bagian leher si bayi belum terlalu kuat, sehingga tidak bisa untuk menahan berat kepalanya sendiri. Jadi Anda perlu sangat berhati-hati saat menopang lehernya dengan tangan waktu akan di angkat atau digendong.

Selain itu, dalam memperlakukan anggota tubuh bayi juga jangan terlalu cepat. Seperti ketika hendak mengenakan pakaian kepada si bayi. Anda perlu memperlakukan tangan dan kaki bayi dengan lembut. Ataupun bila Anda mengajak bayi interaksi dengan menggoyangkan tangannya. Tidak disarankan untuk Anda menggoyangkan tangan bayi dengan sangat cepat.

5. Latih kemampuan motorik bayi

Kemampuan motorik adalah kemampuan dasar yang dimiliki semua orang. Kemampuan ini seperti menggenggam, duduk, berdiri dan gerakan-gerakan lain yang sepertinya sepele. Namun, pada kondisi bayi, kemampuan ini menjadi acuan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Banyak orang tua yang khawatir bila si bayi belum dapat berjalan ketika menginjak usia 2 setengah tahun. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan agar pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak mengalami perlambatan.

Sudah banyak beredar cara-cara melatih gerak motorik secara spesifik seperti menggenggam, berguling hingga duduk di luar sana.Yang perlu Anda lakukan adalah konsisten dalam memberikan pelatihan bagi si bayi. Luangkan waktu Anda untuk si kecil agar dia juga sedari dini merasakan didikan dari orang tuanya.

Itulah tips perawatan bayi dibawah 1 tahun yang bisa Anda terapkan agar tidak salah dalam merawat si buah hati. Yang terpenting dari semuanya adalah selalu rawat bayi Anda dengan penuh cinta dan kasih sayang. Karena kasih sayang orang tua pada bayi akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Selamat merawat bayi Anda, semoga kelak dapat menjadi anak yang bisa dibanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *